Tribun Metro

Kenaikan 5 Persen Gaji ASN Dirapel April Mendatang

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menyatakan, pembayaran rapel kenaikan gaji ASN sebesar 5 persen akan diberikan pada April 2019.

Kenaikan 5 Persen Gaji ASN Dirapel April Mendatang
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
Sekretaris Kota Metro Nasir AT

Kenaikan 5 Persen Gaji ASN Dirapel April Mendatang

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menyatakan, pembayaran rapel kenaikan gaji ASN sebesar 5 persen akan diberikan pada April 2019.

Sekretaris Kota (Sekkot) Metro Nasir AT mengatakan, Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor 15/PB/2019 tentang penyesuaian besaran gaji pokok PNS, TNI, dan Polri sudah turun. Karena itu April akan dibayarkan rapel kenaikan gaji ASN.

Berdasarkan hitungan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) jumlah rapel kenaikan gaji dari Januari-Maret sebesar Rp 640.807.600, dari total gaji awal sebesar Rp 14.995.074.600. Jadi total jumlah gaji yang dibayarkan dengan rapel menjadi Rp 15.635.882.200.

Sekkot Nasir AT: Kalau PNS Saja Tidak Tahu Gejala DBD, Bagaimana dengan Masyarakat Umum?

"Jadi, meski rapel gaji Januari-Maret ini baru dibayar setelah gaji bulan April, tapi untuk gaji bulan April itu sudah dibayarkan sesuai dengan besarnya kenaikan. Jadi tambahannya itu 5 persen dari gaji pokok," jelasnya, Senin (25/3).

Nasir menjelaskan, pembayaran rapel tergantung dengan pengajuan dari masing-masing OPD. Setelah gaji April dibayar, OPD baru mengusulkan besarnya rapel kenaikan gaji. "Tapi tetap bulan April juga rapelnya turun," imbuhnya.

Gaji Ke-13 dan THR PNS-Pensiunan Segera Cair, Ini Jadwalnya

Ia mengatakan, jumlah ASN Kota Metro yang akan menerima rapel kenaikan gaji sebanyak 3.876 pegawai. Ia mengimbau, ASN untuk bekerja dengan baik dan terus meningkatkan kinerjanya. Terlebih pemerintah sudah memberikan perhatian dengan memberikan kenaikan gaji tahun ini.

"ASN harus taat dengan aturan. Disiplin itu yang harus diutamakan. Jadi naik dan tidaknya gaji bukan menjadi alasan ASN untuk tidak disiplin. Tambahan ini kan sebagai bentuk perhatian dari pemerintah. Harus dibalas dengan kinerja lebih meningkat," tuntasnya. (dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved