Tribun Tulangbawang

Kurangi Pengangguran, Disnakertrans Tuba Rencanakan Bangun BLK

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tulangbawang berencana membangun Balai Latihan Kerja (BLK).

Kurangi Pengangguran, Disnakertrans Tuba Rencanakan Bangun BLK
Tribunlampung/Bayu
Ilustrasi Hari jadi SMK BLK 

Kurangi Pengangguran, Disnakertrans Tuba Rencanakan Bangun BLK

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANG BAWANG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tulangbawang berencana membangun Balai Latihan Kerja (BLK).

Ini dilakukan guna mengurangi angka pengangguran dan demi menekan angka kriminalitas.

"Ini juga untuk mendukung 25 program unggulan Bupati Tulangbawang Winarti, yakni membuka lapangan kerja," terang Nurmansyah, Kepala Disnakertrans didampingi Kadarsyah Sekretaris Disnakertrans, Selasa (26/3).

Disnakertrans Lampura Raih Sertifikat ISO ‎Pelayanan

Dengan adanya BLK, maka calon tenaga kerja mampu memiliki keterampilan berspesifikasi.
Menurut rencana didikan BLK ini direkrut dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Nurman mengatakkan, dibangunnya BLK bertujuan untuk melatih lulusan SMK yang mempunyai minat dan bakat.

Nantinya, pemerintah bekerjasama dengan perusahaan, sehingga apabila perusahaan membutuhkan tenaga kerja, maka pihaknya tinggal mengarahkan sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan.

"Kita menggali potensi, lalu menyalurkan ke perusahaan. Untuk tenaga pengajarnya, kita bekerjasama dengan BLK yang ada di Provinsi Lampung, sesuai spesifikasi masing-masing, seperti bidang elektronik, pertukangan, perbengkelan, mekanik, otomotif, dan lainnya," ujarnya.

70 Persen Lulusan SMK BLK Terserap di Dunia Kerja

Dia mengatakan, proses pembentukan dan pembangunan BLK masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Ini lantaran berdirinya BLK harus memiliki rekomendasi dari pemerintah pusat. "Sudah ada komunikasi awal dengan Kementerian, dan sudah diinstruksikan untuk mempersiapkan lahan untuk BLK," papar Nurman.

Nurman mengatakan, pemerintah pusat siap menyediakan sarana prasarana dengan catatan pemerintah daerah menyiapkan gedung BLK

"Tahap awal kita diminta untuk mempersiapkan gedung terlebih dahulu, dan pmerintah pusat yang menyiapkan sarprasnya, saat ini kita sudah menyiapkan gedung sementara itu," terang Nurman.

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah mendorong SMK untuk membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK), yang secara teknis membantu Disnakertrans mendata jumlah lulusan SMK dengan spesifikasi masing-masing.

"Tugas pihak sekolah SMK, membuat kurikulum, melihat murid-murid berpotensi, lalu melakukan pembimbingan, sehingga nantinya setelah di BLK, saat ada perusahaan membutuhkan tenaga kerja bisa langsung ke dinas, karena kita yang punya datanya," tandasnya. (endra zulkarnain)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved