Video Tribun Lampung

VIDEO - Kegiatan Pengrajin Sulam Tapis di Dekranasda Lampung Selatan

Yuliati kini menjadi salah satu pengrajin sulam tapis yang ada di Dekranasda Lampung Selatan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Bagi Yuliati melakukan kegiatan sulam tapis merupakan hal yang biasa dilakukannya setiap hari.

Keahlian ini telah ditekuni Yuliati lebih dari 20 tahun. Ia kini menjadi salah satu pengrajin sulam tapis yang ada di Dekranasda Lampung Selatan.

Kepada Tribun Lampung dirinya sedikit berbagi cerita sembali melakukan kegiatan sulam tapis di bengkel kegiatan Dekranasda Lampung Selatan di Kalianda pada selasa (26/3).

Menurutnya, keahlian sulam tapis ia dapatkan dari sang bunda. Pada awalnya ia berkegiatan di kabupaten Tulang Bawang daerah asal dirinya.

Namun setelah menikah dirinya pindah ke Branti Natar, Lampung Selatan.

“Dulu seorang gadis itu harus memiliki keterampilan. Selain bisa memasak, juga harus bisa menjahit atau menyulam. Saya mendapatkan kemampuan menyulam tapi dari orang tua,” ujarnya.

Yuliati sendiri baru sekitar 6 bulan ini mulai aktif berkegiatan di bengkel sulam tapis Dekranasda Lampung Selatan.

Selain membuat sulam tapis, dirinya juga menelurkan ilmunya kepada orang lain yang ingin belajar. Terutama kepada para remaja.

Dinas Koperasi Lampung Utara Ajarkan Sulam Tapis ke Napi Lapas Kotabumi

“Sekarang tidak seperti dahulu. Tidak banyak remaja putri yang tertarik belajar sulam tapis. Saya sendiri sangat senang kalau ada remaja putri yang ingin belajar. Sehingga keahlian menyulam tapis ini bisa tetap lestari,” terangnya kepada Tribun Lampung.

Menurut Yuliati, salah satu alasan banyak remaja putri saat ini enggan belajar sulam tapis karena dinilai terlalu rumit.

Halaman
123
Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved