Video Tribun Lampung

VIDEO - ZOOM Unila Ajari Anggotanya Teknik Fotografi Dengan Kamera Lubang Jarum

Memiliki keinginan untuk saling belajar ilmu fotografi, menjadi mula terbentuknya Zoom Universitas Lampung (Unila).

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID,BANDARLAMPUNG - Memiliki keinginan untuk saling belajar ilmu fotografi, menjadi mula terbentuknya Zoom Universitas Lampung (Unila).

Sebuah unit kegiatan mahasiswa yang menaungi sesama penghobi dan pecinta fotografi yang terbentuk sejak 20 November 1997 silam.

Ketua Umum Zoom Unila Dwiki Priambodo menceritakan, pembelajaran awal bahkan tidak langsung menggunakan kamera modern melainkan memperkenalkan anggotanya dengan kamera lubang jarum (KLJ).

"Gimana kita ngambil foto dengan kaleng bekas dan media kertas negatif. Biar anggota tahu bahwa sebelum jaman digital, kita menggunakan kamera lubang jarum, analog, hingga digital," beber Dwiki saat ditemui di sekretariat ZOOM Unila kepada Tribunlampung.co.id, Rabu (27/3/2019) sore. 

Setelah itu baru belajar dasar fotografi seperti segitiga fotografi, pencahayaan, angle, bentuk-bentuk yang bisa diambil, arah cahaya, dan lainnya terkait fotografi.

"Selain belajar basic fotografi, tiap akhir tahun kita juga punya agenda creativity. Kita membuat aktifitas seni dalam fotografi," jelas Mahasiswa Fakultas Hukum semester 6 ini.

Bentuk kegiatan creativity ini ada tiga rangkaian acara utama yakni  pameran foto, workshop fotografi atau seminar dan lomba foto.

"Skala kegiatannya nasional dan mengundang pemateri yang kompeten di bidang fotografi secara nasional. Karya-karya fotografi yang dipamerkan juga hasil jepretan anggota ZOOM Unila," ujarnya.

Bagi yang ingin bergabung menjadi anggota ZOOM tidak harus mahir soal fotografi ataupun memiliki kamera XLR.

Namun yang diutamakan adalah kemauan dan keinginan untuk saling belajar dan sharing ilmu. "Selain itu merupakan mahasiswa Unila maksimal semester 3," tandas Dwiki.

Mei Tari, mahasiswi Ilmu Komputer FMIPA Unila 2016 mengatakan, awal ketertarikannya bergabung di ZOOM Unila karena memang memiliki hobi fotografi.

Namun saat sekolah menengah atas belum menemukan wadah yang tepat.

"Terus pas kuliah ada wadah fotografi ZOOM Unila, langsung ikutan gabung meskipun sempat ada keraguan untuk gabung apa harus punya kemampuan fotografi atau tidaknya. Ternyata modalnya yang penting ada kemauan dan niat," beber Mei selaku Kadiv Humas ZOOM Unila.

Selain mendapatkan ilmu, terusnya, di ZOOM Unila ikatan kekeluargaan yang terbentuk juga menjadi rumah tersendiri bagi para anggotanya. "Jadi dapat ilmi dsn dapat saudara juga," imbuh dia.

(Tribunlampung.co.id/Sulis Setia Markhamah/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved