Tribun Tanggamus

Hadiri HUT Pekon Sidokaton, Bupati Saksikan Tradisi Gejog Lesung dan Gunungan

Hadiri HUT Pekon Sidokaton, Bupati tanggamus hj dewi handajani Saksikan Tradisi Gejog Lesung dan Gunungan

Hadiri HUT Pekon Sidokaton, Bupati Saksikan Tradisi Gejog Lesung dan Gunungan
Rls/kominfo
Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menghadiri acara Peringatan Ulang Tahun ke-12 Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting, Kamis (28/03/19). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, Gisting -- Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menghadiri acara Peringatan Ulang Tahun ke-12 Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting, Kamis (28/03/19).

Turut hadir Wakil Bupati AM. Syafi'i, Asisten Bidang Ekonomi FB Karjiono, Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie, Camat Gisting Purwanti, serta Kepala Pekon se-Kecamatan Gisting.

Dalam laporannya Kepala Pekon Sidokaton Suyud mengatakan perayaan ulang tahun Pekon merupakan yang pertama dilakukan dalam rangka menggali dan melestarikan kearifan lokal yang ada. "Ini kami lakukan dalam rangka menggali dan melestarikan kearifan lokal yang ada, dengan mengangkat musik Gejog Lesung dan Gunungan sebagai lambang kemakmuran," katanya.

Sementara Bupati dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih serta ucapan Selamat Ulang Tahun kepada Pemerintah Pekon dan segenap masyarakat Pekon Sidokaton yang telah berpartisipasi membangun serta memajukan Kabupaten Tanggamus.

Bupati juga menyampaikan komitmen yang tinggi dari Pemkab Tanggamus terhadap kesejahteraan masyarakat. "Hal ini telah kami teguhkan dalam visi Pembangunan kami yaitu terwujudnya Masyarakat Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera," tegas Bupati.

Beliau sepenuhnya mendukung serta menyambut gembira rangkaian kegiatan yang berorientasi sosial, budaya, kesenian dan olahraga yang dilaksanakan dalam rangka Ulang Tahun ke-12 Pekon Sidokaton, termasuk diadakannya Festival Musik Lesung dan Pentas Seni Kuda Kepang.

"Rangkaian kegiatan ini bagi saya merupakan bukti kepedulian dari Pemerintah Pekon dan masyarakat di Sidokaton untuk senantiasa bersama mengingat dan mensyukuri nikmat serta mengisi peringatan ulang tahun Pekon-nya dengan kegiatan yang melestarikan budaya, menghibur serta menumbuhkan semangat kebersamaan, sehingga harapan saya bisa dipertahankan serta kedepan mampu ditingkatkan lagi, karena sejalan dengan program pemerintah yang sedang berupaya meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat," pungkas Bunda Dewi sapaan akrab Bupati.

Dalam kegiatan itu juga, Bupati dan Wakil Bupati melakukan pemotongan nasi tumpeng yang diberikan kepada Kepala Pekon Sidokaton, sebagai tanda ucapan selamat.

Selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati melakukan prosesi budaya sebar hasil bumi kepada masyarakat, dan melepas Pawai Kirab Bumi, serta dilanjutkan dengan Kenduri Syukuran Bumi, yang diikuti dengan antusias oleh masyarakat setempat. (Rls/Kominfo).

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved