Tribun Lampung Tengah

SMPN 2 Kotagajah Realisasikan Dana Bos untuk Rehab Gedung Sekolah

SMPN 2 Kotagajah merealisasikan pengelolaan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk program ekstrakurikuler dan rehab gedung sekolah.

SMPN 2 Kotagajah Realisasikan Dana Bos untuk Rehab Gedung Sekolah
Tribun Lampung/Syamsir Alam
Kepala SMPN 2 Kotagajah Pahotan Silaloho.

SMPN 2 Kotagajah Realisasikan Dana Bos untuk Rehab Gedung Sekolah

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam

TRIBUN LAMPUNG.CO.ID, KOTAGAJAH - SMPN 2 Kotagajah merealisasikan pengelolaan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk program ekstrakurikuler dan rehab gedung sekolah. Dana bersumber dari pemerintah pusat sejak 2017 dan 2018 itu telah terealisasi 100 persen.

Pernyataan di atas disampaikan Kepala SMPN 2 Kotagajah, Pahotan Silaloho, Minggu (31/3). Ia menjelaskan, seluruh penyerapan anggaran BOS dilakukan secara transparan.

Loekman Ajak Warga Lamteng Hidupkan Budaya Gotong Rotong

"Penggunaannya (dana BOS) sesuai Juklak dan Juknis, mengacu pada Permendikbud nomor 3 Tahun 2019 tentang juknis Bos SD, SM , SMA, dan juga SMK Tahun 2019/2020 telah terealisasi dengan baik," kata Pahotan Silaloho.

Ia menjelaskan, penyerapan BOS untuk ekstrakurikuler sekolah ialah guna pengembangan belajar siswa. Sementara rehab gedung sekolah sebagai bagian kenyamanan proses belajar mengajar di SMPN 2 Kotagajah.

"Setiap laporan pertanggung jawaban pelaksanaan BOS, sekolah selalu melibatkan komite dan wali murid dengan melakukan rapat tahunan," imbuhnya.

Tahun Depan Dana BOS SMK Akan Naik Jadi Rp 1,6 Juta

Sebelumya, Kepala Disdikbud Lamteng, Syarief Kusen, menegaskan pihaknya tidak menindak tegas bagi kepala sekolah/guru yang menyalahgunakan dana BOS.

Ia menjelaskan, seluruh anggaran BOS harus sesuai dengan Juklak dan Juknis yang sudah ada. Apabila hal itu tidak diwujudkan maka pihaknya akan mengambil langkah tegas.

"Pertama akan kami laporkan kepada bupati, lalu supaya diproses hukum. Kalau sampai melanggar maka akan kita tunda kenaikan pangkatnya hingga pemecatan," tandasnya.(Sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved