40 KUB di Empat Kabupaten di Lampung Dapat Bantuan Mesin dari Kementerian Perindustrian

40 KUB di empat kabupaten di Lampung menerima fasilitas mesin atau peralatan dari Kementerian Perindustrian

40 KUB di Empat Kabupaten di Lampung Dapat Bantuan Mesin dari Kementerian Perindustrian
ISTIMEWA
Kementerian Perindustrian Beri Bantuan Mesin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Sebanyak 40 Kelompok Usaha Bersama (KUB) di empat kabupaten di Lampung menerima fasilitas mesin atau peralatan dari Direktorat Jendral (Dirjen) Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian.

Secara simbolis, bantuan tersebut disampaikan Kasubdit IKM Kimia dan Bahan Bangunan Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian H Jenih, Selasa (2/4/2019) di Hotel Urban Style by Front One.

Acara tersebut dihadiri kepala Diskoperindag empat kabupaten, yakni Pringsewu, Tanggamus, Pesawaran dan Lampung Selatan serta Anggota DPR RI Komisi VI DPR RI Dwie Aroem Hadiatie.

H Jenih mewakili Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerjainan Industri dan Aneka Ratna Utarlaningrum mengatakan, fasilitasi mesin/peralatan yang diberikan menyesuaikan dengan anggaran yang ada, tanpa merubah jenis dan spesifikasi mesin/peralatan yang diminta oleh KUB calon penerima.

Bantuan mesin/peralatan yang diberikan diantaranya untuk konveksi, perbengkelan roda dua, makanan ringan, pengelasan, furniture, olahan pangan, sulaman dan kerajinan.

"Harapan kami, setelah menerima bantuan mesin/peralatan ini, wirausaha baru semakin tangguh dan dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas produksinya ujar H Jenih.

Dia juga mengingatkan, bantuan mesin/peralatan ini dibiayai oleh APBN, sehingga tidak boleh dijual atau dipindahtangankan tanpa seizin dinas terkait.

Oleh karena itu, secara berkala pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi bantuan mesin/peralatan yang diberikan.

Diketahui, Ditjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian sejak 2014 telah mencanangkan peningkatan jumlah IKM melalui program Penumbuhan dan Pengembangan Wira Usaha Baru (WUB) IKM.

Usai Jalani Pemulihan, Pemprov Lampung Janjikan Bantuan Bersekolah Pada Korban Inses di Pringsewu

Jenih menuturkan, bahwa program tersebut dicanangkan untuk mencapai target 20.000 WUB hingga 2019.

Halaman
12
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved