VIDEO - 7 Fakta Menarik Jelang F1 GP China

Lomba balap jet darat Formula 1 akan berlanjut di GP China, yakni Sirkuit Internasional Shanghai pada pekan kedua bulan ini.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Lomba balap jet darat Formula Satu (F1) akan berlanjut di GP China Sirkuit Internasional Shanghai pada pekan kedua bulan ini.

Balapan seri ketiga Formula 1 musim ini akan berlangsung di Sirkuit Internasional Shanghai, China pada 14 April 2019 mendatang. Sejak dibuka pada 2004 lalu, GP China menyimpan fakta-fakta yang menarik untuk dikulik dalam menyambut balapan di akhir pekan ini.

Tim-tim kuat seperti Mercedes dan Ferrari sekali lagi akan membuktikan dominasinya di Shanghai. Keduanya yang tercatat sama-sama menang empat kali di sini, akan berlomba untuk mencatatkan rekor sebagai tim yang menang paling banyak di sirkuit tersebut.

Lewis Hamilton masih menjadi pembalap tersukses yang tercatat dalam sejarah sirkuit dengan fasilitas senilai 3,2 triliun rupiah ini.

Karakteristik Sirkuit Internasional Shanghai yang punya trek lurus dianggap menguntungkan mobil pabrikan Mercedes. Lintasan lurus itu disebut cocok dengan design aerodinamik mobil rakita Mercedes ini.

Hasil Formula 1 2019 GP Australia, Valtteri Bottas Juara F1 2019 GP Australia

”Asapi” Duo Ferrari, Hamilton Juara GP Italia 2018

Grand Prix China bakal menjadi sorotan persaingan dua pembalap Mercedes; Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas yang terlibat persaingan sengit sejak dua musim lalu.

Berikut 7 fakta menarik jelang Grand Prix China yang telah dirangkum dari laman resmi Formula 1.

1. Lintasan Sirkuit Internasional Shanghai berbentuk karakter "Shang", yang berarti "tinggi" atau "di atas".

2. Sirkuit Shanghai yang memiliki panjang 5,451 km ini mempunyai salah satu lintasan lurus terpanjang.

3. Sirkuit Shanghai pertama dibuka pada 2004. Saat itu, GP China menjadi balapan di akhir musim. Namun karena mempertimbangkan cuaca hujan di bulan Oktober, maka sejak 2009 GP China dipindah menjadi balapan awal musim.

4. Rekor putaran tercepat di sirkuit ini masih dipegang oleh Michael Schumacher yang mencatat waktu 1 menit 32,238 detik yang ia raih pada 2004.

5. Lewis Hamilton menjadi pembalap tersukses di Shanghai dengan empat kemenangan dan tujuh kali naik podium.

6. Fernando Alonso menjadi satu-satunya pembalap lain yang menang di Shanghai lebih dari satu kali, yakni pada 2005 dan 2013.

7. Tim Mercedes pertama kali mencetak poin di GP China pada 2012. Semenjak itu, mereka selalu mendapat pole position. (Tribunlampung.co.id/Dodi Kurniawan/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved