VIDEO - Sistem Zonasi Akan Diterapkan untuk Jenjang SD dan SMP di Kota Bandar Lampung

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandar Lampung terus melakukan persiapan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SD dan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandar Lampung terus melakukan persiapan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SD dan SMP berpelat merah.

Sekretaris Disidkbud Bandar Lampung Eka Afriana saat ditemui Tribun Lampung di ruang kerjanya, Jumat (5/4) mengatakan kalau saat ini persiapan untuk PPDB telah dilakukan secara matang dengan menggunakan sistem zonasi melalui pendaftaran secara online.

Jadi nanti siswa yang dekat dengan sekolah yang dituju itu yang akan diterima sesuai dengan kuota dari sekolah masing-masing. Namun para peserta PPDB ini juga wajib mendaftarkan diri melalui sistem online.

Saat ini Disdikbud telah melakukan persiapan dan teknisnya juga sudah selesai dan segera diajukan kepada Wali Kota Herman Hn. Karena nantinya akan diterbitkan perwali (peraturan walikota) bagi PPDB SD dan SMP.

“Dengan harapan adanya PPDB ini keberpihakan kepada masyarakat sehingga kedepannya APK (Angka Partisipasi Kasar) Bandar Lampung bisa meningkat,” katanya

Nantinya setiap rombongan belajar (rombel) untuk SMP itu maksimal harus ada 33 siswa dalam kelasnya dan 28 siswa untuk SD. Jumlah siswa itu sudah ada didalam juknisnya sehingga peserta didik akan lebih fokus lagi dalam belajarnya.

Secara keseluruhan Disdikbud telah siap dan jadwalnya juga belum bisa dipublis karena masih menungu perwali ini disetujui oleh Wali Kota. Kalau dulu itu ada jaliur prestasi tapi sekarang tak ada lagi.

Karena sistem zonasi ini bukan nilai yang menjadi penilaian, akan tetapi yang dilihat itu kedekatan antar sekolah dengan rumah sisswa tersebut. Kalau nantinya satu sekolah tersebut penuh daya tampungnya maka dialuhkan sekolah yang satu rayon.

Pihaknya juga selalu berkordinasi dengan pihak Telkom untuk pemenuhan jaringan internet yang nantinya akan digunaka saat PPDB tersebut. K

arena Bandar Lampung lebih siap secara  administrasinya maka bisa menerapkan sistem zonasi dibandingkan dengan daerah lainnya.(Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved