Tribun Tulangbawang

Jelang Pemilu, Disdukcapil Tuba Jemput Bola Perekaman e-KTP ke Kampung-kampung

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tulangbawang mempercepat proses perekaman kartu tanda penduduk

Jelang Pemilu, Disdukcapil Tuba Jemput Bola Perekaman e-KTP ke Kampung-kampung
Tribunlampung/Eka
ILUSTRASI 

Jelang Pemilu, Disdukcapil Tuba Jemput Bola Perekaman e-KTP ke Kampung-kampung 

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tulangbawang mempercepat proses perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) menjelang Pemilu 17 April mendatang.

Langkah itu di antaranya dengan cara jemput bola perekaman e-KTP ke kampung-kampung di seluruh kecamatan di Tuba.

"Kami juga menambah jam kerja pelayanan. Petugas Disdukcapil lembur melayani perekaman hingga malam hari. Proses percepatan perekaman ini menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Dukcapil Nomor 471.13/2518/Dukcapil tanggal 28 Maret 2019," terang Kepala Disdukcapil Tulangbawang Yusrizal, melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Andi Wantoni, Senin (08/04).

Pada semester ll bulan Desember tahun lalu, terdapat sekitar 245. 839 jiwa telah memiliki e-KTP dari total 303.807 jiwa wajib e-KTP.

Sementara, juga tercatat ada 57.968 jiwa yang belum punya e-KTP. Andi mengatakan, jumlah yang belum memiliki KTP itu terus berkurang.

"Kita lakukan upaya percepatan perekaman, salah satunya dengan jemput bola ke kampung-kampung. Jadi sampai hari ini sudah dipastikan berkurang, karena Januari dan Februari sudah ada 3.220 jiwa yang sudah melakukan perekaman e-KTP," terang Andi.

Cara Membuat e-KTP Tahun 2019, Simak 2 Syarat Bikin e-KTP

Disdukcapil, kata Andi, telah melakukan jemput bola perekaman hingga ke kampung-kampung yang ada di Kecamatan Dente Teladas, Gedung Meneng, Menggala Timur, Banjar Baru, dan Kecamatan Gedung Aji Baru.

Dia menyatakan, sementara ini stok blangko e-KTP tersedia 1775 keping. Andi mengakui, melalui Mal Pelayanan Publik (MPP) masyarakat tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan e-KTP.

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved