VIDEO Bupati Loekman Optimis Tulung Kakan Juarai Lomba Kesrak PHBS Tingkat Nasional

Bupati Loekman Djoyosoemarto sangat yakin Kampung Tulung Kakan yang mewakili Lampung, akan dapat menjadi yang terbaik pada perlombaan Kesrak Kategori

TRIBUN LAMPUNG.CO.ID, BUMIRATUNUBAN - Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto sangat yakin Kampung Tulung Kakan yang mewakili Lampung, akan dapat menjadi yang terbaik pada perlombaan Kesrak Kategori PHBS di tingkat nasional.

Ia mengatakan, kesiapan Kampung Tulung Kakan, baik tempat maupun sarana dan prasarana sudah sangat baik..

"Kita harus yakin Tulung Kakan akan juara satu pada Kesrak kategori PHBS tahun ini. Kesiapan itu terlihat dari kekompakan dan kerja keras PKK serta masyarakat di sini, terutama di bidang kesehatan pola hidup sehat serta pola makan sehat," kata Loekman, Selasa (9/4).

PHBS, menurutnya, merupakan tolak ukur dalam membangun kekeluargaan. Kepedulian serta peran serta masyarakat Tulung Kakan dapat menjadi pendorong dan semangat bagi 311 kampung lainnya di kabupaten bergelar Jurai Siwo itu.

"Bagaimana kehidupan yang semua aspek kesehatannya tertata dengan baik dapat diimplementasikan dan contoh bagi pelaksanaan PHBS di kampung-kampung. Lamteng punya 301 kampung dan 10 kelurahan," tandasnya.

Ketua TP PKK Lamteng, Ellya Lusiana Loekman menjelaskan, program kesehatan PHBS sudah jauh hari dicanangkan sebagai bagian dari pelaksanaan 10 program PKK.

"Sudah kita jalankan program kesehatan ibu dan anak ke posyandu, persalinan ibu ke bidan, program bayi konsumsi air susu ibu (ASI) ekseklusif, program air bersih serta program konsumsi sayur dan buah," tandasnya.

Tak hanya itu, pihkanya juga kata Ellya Lusiana Loekman telah menggandeng Dinas Kesehatan (Diskes) untuk program cuci tangan sehabis kegiatan dan air makan. Setiap rumah lanjutnya sudah dipasang keran dan ember kecil untuk bercuci tangan,serta sabun cair. (Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved