Tribun Metro

KPU Metro Selenggarakan Simulasi Pemungutan Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 17 April, Rabu (10/4).

KPU Metro Selenggarakan Simulasi Pemungutan Suara
TRIBUN LAMPUNG/INDRA SIMANJUNTAK
SIMULASI - KPU Metro menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara guna menginventarisir kekurangan penyelenggara Pemilu 2019, Rabu (10/4). 

KPU Metro Selenggarakan Simulasi Pemungutan Suara

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 17 April, Rabu (10/4).

Divisi Teknis KPU Kota Metro Toni Wijaya mengatakan, tujuan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk memberi gambaran jelas dan gamblang tentang kegiatan pemungutan dan penghitungan pada Pemilu 17 April 2019.

Bawaslu Metro Minta Semua Pihak Patuhi Aturan Masa Tenang Pemilu 2019

Serta untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan. Kemudian menginventarisir dan mengevaluasi kekurangan dan kelemahan semua elemen pada penyelenggaraan Pemilu setentak 2019.

"Simulasi ini tidak serentak, tapi dilakukan KPU di Indonesia. Ini juga pelengkap dari semua bimtek yang sudah KPU berikan kepada PPK, PPS, dan KPPS. Jadi mereka bisa langsung menerapkan pengetahuan yang mereka dapat pada simulasi ini," katanya.

Bawaslu Pringsewu Temukan WNA Masuk DPT Pemilu 2019, Ternyata Istrinya Caleg

Ia mengaku, simulasi melibatkan seluruh penyelenggara. Namun, penyelenggara ada yang berperan sebagai pemilih dan saksi. Pihaknya optimistis, KPPS dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Jadi yang benar terlibat itu penyelenggara seperti PPK, PPS, dan KPPS, serta pengawas dari Panwaslu kelurahan sebagai pengawas TPS. Sedangkan partai yang bertarung adalah partai buah-buahan. Ada 200 orang yang terlibat di simulasi ini," jelasnya.

Ia berharap, masyarakat turut berpartisipasi aktif dalam memberikan hak suaranya. Serta ikut mengawasi setiap proses tahapan pencoblosan dan penghitungan suara. Sehingga pemilu serentak ini bisa akuntable dan mendapatkan pemimpin terbaik.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved