Public Service

Jenis Takut yang Ganggu Perkembangan Anak

KEPADA Yth Psikolog. Saya mau tanya rasa takut seperti apa yang dapat mengganggu perkembangan anak?

Jenis Takut yang Ganggu Perkembangan Anak
istimewa
Ilustrasi

Jenis Takut yang Ganggu Perkembangan Anak

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - KEPADA Yth Psikolog. Saya mau tanya rasa takut seperti apa yang dapat mengganggu perkembangan anak? Bagaimana solusinya? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Waspada! Ini Bahaya Ponsel bagi Anak-anak

Pengirim: +6285779648xxx

Mulai Muncul di Usia 6 Bulan

Rasa takut merupakan salah satu emosi dasar manusia selain senang, sedih dan marah. Rasa takut biasanya mulai muncul di usia 6 bulan dan biasanya terhadap orang asing atau yang tidak dikenal anak.

Beberapa faktor yang membuat anak merasa takut, di antaranya karakter anak yang kurang suka dengan orang lain, pengalaman sebelumnya yang kurang menyenangkan dengan orang asing, serta situasi pada saat itu misalnya ketika anak tiba-tiba dipeluk.

Rasa takut terhadaporang asing atau situasi baru akan menurun hingga usia 2 tahun seiring dengan perkembangan kognitif anak. Seiring dengan bertambahnya umur anak mulai mampu membedakan mana hal yang mengancam dan mana yang tidak.

Anak-Anak Kerap Menerima Ejekan dari Teman

Pada usia 2 sampai 6 tahun rasa takut anak lebih realistis, misalnya takut digigit ular, terluka, dsb. Pada usia ini kemampuan imajinasi anak juga berkembang namun logikanya masih sederhana. Sehingga terkadang mereka takut pada hal-hal yang tidak langsung berkaitan, misalnya mendengar suara ketukan dikira suara monster yang akan menyerang.

Ada beberapa ketakutan yang wajar dialami oleh anak-anak. Misalnya takut akan perpisahan, takut gelap, takut binatang, takut petir dll. Terkadang rasa takut ini seperti tidak masuk akal namun sebagai orangtua perlu berempati dan memahami apa yang membuat anak takut.

Kita perlu menawarkan perlindungan dan memberikan dukungan sehingga anak merasa aman dan mampu mengatasi ketakutannya sendiri.

RETNO RIANI MPsi
Psikolog

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved