Pemilu 2019

Sosialisasi di Polres Lampung Tengah, Polda Lampung Tegaskan Polri Netral pada Pemilu 2019

Tim Subbid Provos Polda Lampung sosialisasi netralitas kepolisian dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019 di Polres Lampung Tengah

Sosialisasi di Polres Lampung Tengah, Polda Lampung Tegaskan Polri Netral pada Pemilu 2019
Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam
sosialisasi netralitas Polri di Polres Lampung Tengah 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Tim Subbid Provos Polda Lampung sosialisasi netralitas kepolisian dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019 di Polres Lampung Tengah.

Sebanyak 60 personel mengikuti kegiatan yang digelar di Aula Atmani Wedhana Polres Lampung Tengah, Jumat 12 April 2019.

Tim Subbid Provos Polda Lampung diwakili oleh Ajun Komisaris Suherman dan dua orang lainnya menyatakan, kepolisian sebagai alat negara berdiri di tengah-tengah kontestasi Pemilu Pileg dan Pilpres 2019 sebagai lembaga yang netral.

Lebih lanjut ia menjelaskan, netralitas kepolisian harus diikuti seluruh anggota mulai dari tingkatan atas hingga bawah.

Selama penyelenggaraan Pemilu lanjutnya, seluruh anggota kepolisian tidak boleh terlibat dalam kampanye salah satu calon baik pileg dan pilpres.

Sambangi Korem Gatam, Menhan Jenderal Ryamizard Ryacudu Bicara soal Netralitas dan Pertahanan

"Polri dalam menghadapi pemilu 2019 bersikap netral. Dilarang menyuruh atau memasang atribut-atribut Pemilu. Dilarang berfoto atau selfi dengan semua peserta dan pasangan calon (paslon) baik pileg ataupun pilpres," terang AKP Suherman.

Tak hanya itu lanjut AKP Suherman, anggota kepolisian juga dilarang menjadi pembicara atau narasumber dalam giat kampanye, baik di langan terbuka ataupun lapangan tertutup.

Melalui sosialisasi ini pihaknya berharap kepada seluruh anggota dan PNS Polri supaya menghindari perilaku kontra produktif di tengah masyarakat.

"Hindari perilaku kontra produktif dan hindari pelanggaran sekecil apapun, serta selalu kita tingkatkan kewaspadaan anggota dalam setiap pengamanan Pemilu," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Wakapolres Lamteng Komisaris Harto Agung Cahyono menyatakan, pihaknya siap menjalankan instruksi netralitas instansinya dan akan selalu mengutamakan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

"Melalui banyak kesempatan Polres Lampung Tengah sudah menunjukkan netralitasnya kepada masyarakat pada Pemilu ini. Polres Lampung Tengah akan selalu menjalankan tugas pokoknya yakni pengamanan Pemilu," ujarnya.

(Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam)

Penulis: syamsiralam
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved