Tribun Tanggamus

Pemilu 2019, ASN Piket Harus Tetap Mencoblos

17 April 2019 mendatang sudah ditetapkan sebagai hari libur ASN. Pada hari itu ASN diberi kesempatan untuk berpartisipasi pada Pemilu 2019.

Pemilu 2019, ASN Piket Harus Tetap Mencoblos
tribunlampung.co.id/dodi kurniawan
Ilustrasi - Pemilu 2019. Cara Periksa Nama di DPT Pemilu 2019 secara Online via Aplikasi KPU RI PEMILU 2019. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Tanggamus mengimbau pada kepala unit pelayanan yang tetap bertugas pada Pemilu agar tetap memberi toleransi bagi pegawainya untuk mencoblos.

Menurut Aan Derajat, Sekretaris BKPSDM Tanggamus, 17 April 2019 mendatang sudah ditetapkan sebagai hari libur ASN. Pada hari itu ASN diberi kesempatan untuk berpartisipasi pada Pemilu 2019.

Kedepankan Netralitas, Bawaslu Minta ASN Tinggalkan Lokasi Deklarasi Pujo 

"Memang pada 17 April besok libur, tapi untuk tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas yang rawat inap pelayanan tetap ada. Sebab mereka sistemnya kerja piket, jadi tetap ada yang bekerja," ujar Aan.

Ia menambahkan, meski begitu bagi pegawai piket tetap diberi kesempatan untuk mencoblos dalam pemungutan suara. Hal itu nanti diatur oleh kepala unitnya masing-masing sehingga meski bekerja tetap bisa mencoblos untuk mencegah golput.

"Imbauan kami, masalah itu diatur saja, bisa dengan bergantian izin sebentar untuk mencoblos. Tapi setelahnya kembali lagi ke tempat kerja. Sebab untuk mencoblos juga sebentar," ujar Aan.

BKPSDM Tanggamus berharap para ASN dan tenaga honor berpartisipasi dalam pemilu dengan menjadi pemilih. Sebab itu kegiatan negara dan ASN merupakan abdi negara.yang juga harus menyukseskan kegiatan negara.

Selain pegawai biasa, nanti juga para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tetap bekerja, namun bukan pada jabatannya. Mereka sudah masuk dalam tim desk pemilu yang tugasnya memantau pelaksanaan pemilu di tiap kecamatan.

ASN Tidak Netral, Bupati Pringsewu Sujadi: Kan Ada Bawaslu

Desk Pemilu dikoordinir Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Tanggamus. Dan untuk tanggung jawab kerja sudah dibagi sehingga para pejabat nanti tetap bekerja berkeliling memantau pelaksanaan pemilu. 

Sedangkan untuk pekerja swasta, Dinas Tenaga Kerja Tanggamus juga menyatakan 17 April mendatang adalah hari libur.

"Kalau secara resmi, itu hari libur. Tapi kalau tidak memberi libur harus beri kesempatan tenaga kerjanya untuk bisa mencoblos. Apakah nanti bergantian atau masuk kerjanya agak siang tidak masalah," ujar Usman, Sekretaris Disnaker.

Ia mengaku, hal itu sudah diketahui oleh para pengusaha, dan mereka bisa perkirakan teknis pembagian waktu kerja dan mencoblos adalah hak warga negara.

"Sebelum Pemilu ini sudah ada Pilkada Tanggamus dan tidak ada masalah, harapan kami juga seperti itu, sebab sudah biasa ada pemilihan tapi tetap ada yang bekerja," ujar Usman. (tri)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved