Tribun Metro

Tambah Koleksi Buku, Perpustakaan Daerah Dibantu Rp 210 juta

Perpustakaan Daerah Kota Metro mendapat kucuran dana DAK senilai Rp 150 juta dan APBD senilai Rp 60 juta

Tambah Koleksi Buku, Perpustakaan Daerah Dibantu Rp 210 juta
perpustakaan ebook metro 

Tambah Koleksi Buku, Perpustakaan Daerah Dibantu Rp 210 juta

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Perpustakaan Daerah Kota Metro mendapat kucuran dana DAK senilai Rp 150 juta dan APBD senilai Rp 60 juta untuk menambah koleksi buku.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispurda) Syahri Ramadhan mengatakan, dengan adanya pengadaan buku yang dapat menambah koleksi, diharapkan nantinya bisa berimbas pada meningkatnya minat baca masyarakat.

Perpustakaan Metro Launching eBook 2019

Dijelaskannya, jumlah minat baca di Kota Metro yang datang ke perpustkaan terus meningkat. Bahkan setiap hari bisa mencapai antara 200 hingga 250 pembaca dari jadwal kunjungan. Karenanya, diperlukan tambahan koleksi bacaan.

Sementara jumlah koleksi perpustakaan Kota Metro saat ini memiliki 16.389 judul dengan 52.746 buku. Terdiri dari berbagai kategori, mulai dari filsafat, sejarah, agama, anak, sains, hingga buku-buku fiksi.

Koleksi Buku di Perpustakaan Metro Minim

Ia menilai, koleksi buka yang ada di perpustkaan belum ideal jika dibanding dengan jumlah penduduk yang ada. Dengan adanya tambahan pengadaan buku diharapkan akan dapat menarik minat baca masyarakat yang terus meningkat.

"Banyak juga orang dari luar Kota Metro yang datang berkunjung ke Perpustkaan. Beberapa waktu lalu, ada yang dari daerah lain. Selain untuk membaca mereka sekaligus belajar tentang perpustkaan," ujarnya, Minggu (14/4).

Untuk meningkatkan minat baca, Dispurda melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Metro untuk mendukung gerakan literatur. Serta mengunakan teknologi online untuk mendaftarkan nomor register.

Adapun data jumlah pengunjung Perpusda terus meningkat. Dimana tahun 2011 pengunjung mencapai 47.705, sementara tahun 2018 sebanyak 82.468 pengunjung. Dengan rata-rata meningkat sekitar 1.000 lebih pengunjung setiap tahun.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved