VIDEO - Terima Hibah Kapal Pelra, Pemprov Akan Gunakan Untuk Angkutan Lebaran Gratis

Pemerintah Provinsi Lampung menjadi salah satu daerah yang mendapatkan hibah satu unit Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) dari Kementerian Perhubungan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi Lampung menjadi salah satu daerah yang mendapatkan hibah satu unit Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Selain Pemprov Lampung, ada enam daerah lainnya di Lampung yang mendapatkan hibah Kapal Pelra tersebut, yakni Pesawaran, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesisir Barat, Mesuji dan Lampung Tengah.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Lampung Taufik Hidayat didampingi Kabid Teknik Sarana Prasarana Dishub Lampung Yudi Hendra Pasaribu yang menerima dan menandatangani naskah perjanjian dan berita acara serah terima hibah Kapal Pelra.

Penandatanganan tersebut berlangsung di Kantor Syahbandar Utama Tanjung Perak Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin 15 April 2019.

“Iya, tadi (Senin) pagi penandatanganannya,” kata Taufik saat dihubungi Senin 15 April 2019 sore.

Menurut Taufik, kapal tersebut rencananya akan dipergunakan untuk melayani angkutan lebaran dari pulau ke pulau yang ada di Provinsi Lampung.

“Untuk pelayanan yang dalam waktu dekat adalah melayani angkutan lebaran gratis ke pulau-pulau yang ada di Teluk Lampung dalam satu minggu rencananya akan ada dua trip. Dan dipastikan tanpa dipungut bayaran,” papar Taufik.

Sementara untuk jangka panjang, Taufik menambahkan, masih akan mengomunikasikan dengan stakeholder terkait.

“Kami akan coba pergunakan lebih proprosional secara pararel dan akan kami komunikasi dengan steakholder terkait,” ucap Taufik.

Yudi menambahkan, kapal pesiar yang dihibahkan tersebut berjenis finisi dengan ukuran atau bobot 35 gross ton (GT) dan mampu menampung penumpang sebanyak 24 orang dan barang 10 ton.

“Kecepatannya bisa sampai 9 knot per jam. Kalau nilai kapalnya, setahu saya itu sekitar Rp 2,3 miliar, kalau tidak salah ya,” papar Yudi yang mengaku masih berada di Surabaya bersama Taufik, Senin sore.

Yudi menerangkan, penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi.

“Untuk kemudian langsung dikirim sesuai alamat,” tandas Yudi. (Tribunlampung.co.id/Noval Andriansyah/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved