Tribun Lampung Tengah

Pengamanan Pemilu, Polres Bagi Wilayah Jadi Tiga Rayon

Sebanyak 748 personel keamanan Polres Lampung Tengah, diterjunkan dalam pengamanan tempat pengumuman suara

Pengamanan Pemilu, Polres Bagi Wilayah Jadi Tiga Rayon
TRIBUN LAMPUNG/SYAMSIR ALAM
PENGAMANAN PEMILU - Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma (tengah), didampingi Dandim 0411 Letkol C,Zi Burhannudin (kiri) dan Danyon B Brimob AKBP Henry JP Siahaan saat persiapan pengamanan pemilu, Selasa (16/4). 

Pengamanan Pemilu, Polres Bagi Wilayah Jadi Tiga Rayon

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNG SUGIH - Sebanyak 748 personel keamanan Polres Lampung Tengah, diterjunkan dalam pengamanan tempat pengumuman suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019, di 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Tengah.

Hal itu disampaikan Kapolres Lampung Tengah Ajun Komisaris Besar I Made Rasma. Jumlah tersebut akan mengamankan 3953 TPS yang ada.

"Selain 748 personel Polres Lamteng, ada juga dari TNI Kodim 0411, BKO dari Polda Lampung, Rayon B Satbrimob Polda Lampung, Polres jajaran. Semua personel sudah kita tempatkan di wilayah mereka masing-masing," terang AKBP I Made Rasma, Selasa (16/4) .

1.155 Personel Gabungan Amankan Pemilu 17 April

Jumlah personel Kodim 0411 Lamteng yang diterjunkan sebanyak 106 orang, Brimob Kompi B sebanyak 100 orang, Polda Lampung 125 orang, BKO Polres Metro 25 orang.

TNI-POLRI selaku institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu serentak lanjut I Made Rasma, apabila menemukan hambatan harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku.

Lampung Tengah dan dalam pengamanan Pemilu 2019, Polres membagi wilayah menjadi tiga rayon, yaitu rayon A yang meliputi wilayah barat kabupaten itu, dan dipimpin oleh Kabag Sumda. Rayon B wilayah tengah dipimpin oleh Kabag Ops dan rayon C wilayah Timur dipimpin oleh Kabag Ren.

Selanjutnya, ada perwira pengendali kecamatan serta ada perwira pengendali TPS di masing-masing kecamatan.

"Kita semua menyadari bahwa tugas mengamankan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 adalah kehormatan dan kebanggaan, karena sama nilainya dengan menjaga keutuhan bangsa atau menjamin terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat," imbuhnya.

Ini TPS Tempat Nyoblos Gubernur Ridho Ficardo dan Istri, Ketua PDIP Lampung dan Ketua PKB Lampung

Untuk itu, kepada seluruh prajurit yang dilibatkan agar melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab. Kapolres menyampaikan, beberapa penekanan untuk dipedomani bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu 2019.

Kapolres mengimbau, untuk segera melakukan pengecekan lokasi TPS dengan lingkungan sekitarnya, melakukan pengecekan tempat penyimpanan kotak suara, pengecekan sarana transportasi pengangkut kotak suara serta koordinasikan dengan petugas KPPS tentang persiapan di TPS.

Selain itu juga personel pengamanan untuk mengaktifkan siskamling guna menjaga TPS, memberikan imbauan dan melarang warga peserta pemilu untuk tidak membawa senjata tajam atau barang yang berbahaya, dan bila ada gangguan keamanan di TPS agar berkoordinasi dengan KPPS dan segera melaporkan ke Polsek.(sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved