Citizen Reporter

Workshop tentang Isu Perdangan Manusia

JUMLAH Buruh Migran Indonesia (BMI) dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Saat ini, BMI di Hong Kong telah melebihi

Muthi Hidayati
Warga Lampung Tengah
Aktivis Indonesian Migrant Workers Union
Melaporkan dari Hongkong

JUMLAH Buruh Migran Indonesia (BMI) dari tahun ke tahun terus mengalami  peningkatan. Saat ini, BMI di Hong Kong telah melebihi jumlah buruh migran dari Philipina.

Menjawab persoalan dan peningkatan buruh migran ke Hong Kong, Indonesian Migrant Workers Union (IMWU) menggelar workshop tentang isu perdangan manusia beberapa waktu lalu di PTU Building, Wanchai, Hongkong.

Selain menjelaskan tentang trafficking yang disampaikan Nur Shohib Anshari dan Haryati dari Institute for National and Democratic Independent Studies (INDIES), Jakarta, workshop diisi dengan sharing tentang hukum dan praktik pelayanan pemerintah Hong Kong terhadap buruh migran yang disampaikan Fish dari IDWN atau HKCTU.

Acara workshop semakin lengkap dengan kedatangan Karl Flexer dari Serikat buruh Kanada, yang berbagi pengalamannya dalam memberantas perdagangan manusia, yang dilakukan agen dan broker atau calo.

Karl juga menceritakan kondisi buruh migran di Kanada yang juga tidak jauh berbeda dengan nasib buruh migran di Hong Kong.

Berbagai pertanyaan dari peserta tentang kondisi kerja buruh migran di Kanada membuat suasana semakin ramai. Peserta juga penasaran dengan berita-berita dan iklan di media yang menawarkan kerja dan gaji yang menggiurkan di Kanada.

Setelah mendapatkan jawaban dari Karl, peserta paham, bahwa kerja di Kanada tidak seindah bayangan buruh migran selama ini. (indra)

Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved