Citizen Reporter

Menerbitkan Buku Panduan bagi BMI

WORKSHOP tentang isu perdangan manusia di PTU building, Wanchai, Hong Kong, membuat diskusi group yang dibagi menjadi lima kelompok.


Muthi Hidayati
Warga Lampung Tengah
Aktivis Indonesian Migrant Workers Union
Melaporkan dari Hong Kong

WORKSHOP tentang isu perdangan manusia di PTU building, Wanchai, Hong Kong, membuat diskusi group yang dibagi menjadi lima kelompok.

Tiap kelompok mengindentifikasikan tentang praktik trafficking atau perdagangan manusia selama proses di penampungan di Hong Kong, dan saat buruh migran kembali ke tanah air.

Workshop diharapkan tidak hanya sebagai tempat diskusi, tapi bagaimana IMWU sebagai serikat buruh migran Indonesia di Hong Kong mampu mendapatkan masukan dari seluruh peserta workshop untuk menentukan langkah ke depan dalam memerangi praktik perdagangan manusia yang dilakukan PJTKI dan agen.

Setidaknya, ada serangkaian kegiatan yang akan dilakukan IMWU untuk melakukan kampanye melawan praktik perdagangan manusia. Mulai dari workshop, training, dan penelitian yang akan menghasilkan data untuk menerbitkan buku panduan bagi BMI untuk mendapatkan haknya. Dan memberikan informasi yang benar pada majikan tentang hak dan hukum yang berlaku bagi buruh Migran.

Kelanjutan dari workshop adalah training kepenulisan dan training tentang hak dan hukum buruh migran baik untuk hukum di Indonesia, Hong Kong, maupun Internasional terkait dengan isu trafficking atau perdangan manusia.

Acara workshop ditutup dengan pendaftaran bagi calon volunter yang akan menjadi tim peneliti di Hong Kong untuk mendapatkan data sebanyak-banyak tentang pelanggaran yang dilakukan PJTKI dan agen pada Buruh Migran Indonesia di Hong Kong. (indra)

Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved