Kolom Jurnalis

Apple, Steve Jobs, dan Tim Cook

Sebagai nahkoda baru Apple, Cook tentu punya tantangan lain, selain bisa lepaskan diri dari bayang-bayang Jobs,

Apple, Steve Jobs, dan Tim Cook
ist
Steve Jobs dan Tim Cook
TEKA-teki tentang  generasi terbaru smartphone iPhone 4 buatan Apple  terjawab sudah. Ini setelah Apple  mengumumkan produk terbarunya dalam konferensi pers di Cupertino, California, AS, Selasa (4/10/2011). Generasi tersebut  ternyata bukan iPhone 5, tapi iPhone 4S.

Seperti dikutip dari kompas.com, tak ada model baru dengan layar lebih lebar atau desain lebih tipis dari iPhone 4 seperti yang dirumorkan. Secara tampilan, sama saja dengan iPhone 4 yang sudah beredar selama hampir setahun dengan ukuran layar dan ketebalan yang sama. Namun, fitur-fiturnya baru, lebih baik dari pendahulunya itu.

iPhone 4S menggunakan prosesor dan kartu grafis dual core dengan chip Apple A5 seperti yang digunakan iPad 2, sehingga memberikan kinerja dua kali lipat dan pengalaman akses multimedia tujuh kali lebih kencang. Kamera iPhone terbaru sesuai prediksi, yakni dengan sensor 8 megapiksel yang menghasilkan gambar dengan ukuran maksimum 3.264 x 2.448 piksel. Yang menarik, dapat merekam video dengan kualitas HD 1080p.

Produk ini menggunakan Image Signal Processor baru yang dirancang Apple untuk melakukan pengenalan wajah dan pengenalan white balance 26 persen lebih baik. Lensanya tersusun dari lima lapis, sehingga menghasilkan gambar 30 persen lebih tajam dan dilengkapi filter inframerah untuk menghasilkan warna lebih alami. Cuma butuh 1,1 detik untuk pengambilan gambar pertama kali.

Koneksi jaringannya mendukung GSM dan CDMA sekaligus, sehingga memberi kemudahan lebih luas kepada pengguna untuk memilih layanan yang diinginkan. iPhone 4S juga sudah langsung menggunakan iOS 5 yang hadir dengan fitur-fitur baru.  Kemampuan akses data dengan high speed downlink packet access (HSDPA) juga ditingkatkan dari maksimum 7,2 Mbps di iPhone 4 menjadi 14,4 Mbps di iPhone 4S. iPhone 4S belum mendukung teknologi 4G LTE.

Munculnya iPhone 4S tentu saja akan mengundang spekulasi dari banyak analisis, apakah generasi baru ini mampu menyamai kesuksesan, sekaligus melebihi pendahulunya, iPhone 4.  Apalagi produk ini diluncurkan  di bawah kepemimpinan Tim Cook sebagai CEO menggantikan Steve Jobs, yang mengundurkan diri sebagai CEO Apple bulan Agustus lalu dengan pertimbangan kesehatan.

Sel kanker yang menggerogoti pankreas-nya membuat Steve Jobs harus menyerahkan tampuk kepimpinanan Apple ke Tim Cook. Meski demikian sampai saat ini, Steve Jobs masih dipercaya sebagai Chairman di Apple.

Beberapa analis menganggap bahwa keputusan naiknya Cook adalah tepat. Meskipun, ada pula yang menilai bahwa sosok Cook tak akan sekuat Jobs. Sebagai nahkoda baru Apple, Cook tentu punya tantangan lain, selain bisa lepaskan diri dari bayang-bayang Jobs, yakni bagaimana menyelesaikan persoalan dengan Samsung yang kerap saling tuding menjiplak desain dan teknologi.

Sebelumnya, Apple juga terlibat sengketa dangan Nokia mengenai hak paten dengan perjanjian Apple membayar royalti kepada Nokia untuk penggunaan beberapa teknologinya. Nokia mengajukan gugatan kepada perusahaan Amerika, Apple pada tahun 2009 karena dianggap melanggar hak paten, tetapi Apple menggugat balik Nokia. Namun, kabarnya persoalan tersebut telah selesai.

Tidak itu saja, Apple tampaknya  harus lebih berkerja ekstrasi keras. Pasalnya, belum lama ini  22 toko Apple palsu ditemukan di Kota Kunming Cina. Ini belum lagi gebrakan yang dilakukan  perusahaan telepon genggam Cina, Xiaomi. Xiaomi memperkenalkan Xiaomi Phone dengan spesifikasi lebih baik dibandingkan iPhone 4 dan Samsung Galaxy S2.

Sang pendiri Xiaomi Lei Jun mengaku, ponsel Xiaomi akan ditenagai prosesor dual core berkekuatan 1,5 gigahertz. Ini lebih cepat dibandingkan iPhone 4 yang memakai prosesor 1 GHz dan 1,2 GHz dual-core yang dipakai Samsung S2. Seperti diperkirakan Xiaomi memakai sistem operasi Android.

Begitulah. Paling tidak inilah beberapa tantangan yang mesti dihadapi oleh Tim Cook sebagai CEO  baru yang ditunjuk Apple berdasarkan rekomendasi Jobs dalam surat pengunduran dirinya beberapa waktu lalu. Orang boleh saja ragu pada kemampuan Cook, apakah ia mampu membawa Apple menjadi perusahaan termuka sepeninggal Jobs. Tapi, lagi-lagi waktulah yang akan menjawabnya.  (*)

Penulis: taryono
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved