11 Jemaah Indonesia Wafat

KAMI meninjau kesiapan fasilitas kesehatan di rumah sakit yang menjadi balai pengobatan jemaah haji Indonesia, baik di Madinah maupun di

Ahmad Jajuli
Tim Pengawas Haji Pusat
Dari Mekkah

KAMI meninjau kesiapan fasilitas kesehatan di rumah sakit yang menjadi balai pengobatan jemaah haji Indonesia, baik di Madinah maupun di Mekkah.

Dari tinjauan tersebut, kami mendapatkan informasi mengenai jumlah jemaah haji asal Indonesia yang wafat sebanyak 11 orang serta 14 orang dalam perawatan.

Melihat keadaan pasien, kami menilai perlunya jemaah haji menjadi perawat bagi kesehatan dirinya sendiri. Kami menyarankan agar jemaah yang akan berangkat betul-betul menjaga perilaku hidup sehat.

Jemaah supaya jangan mengonsumsi makanan basi. Masih ada jemaah haji yang menyimpan terlebih dahulu makanan yang diberikan katering untuk dimakan kemudian. Apabila menyimpan makanan, jemaah haji supaya memperhatikan waktu kedaluwarsa makanan tersebut. Kalau sudah basi, jangan dimakan. Adapun, jemaah yang memiliki risiko tinggi supaya melengkapi diri dengan obat yang memadai.

Kami juga menengok pasien asal Lampung. Kepala Rumah Sakit Mekkah memberikan informasi seorang bernama Samsuar dirawat karena jantung.

Kami merasa kaget ketika menanyakan asal daerah Samsuar kepada keluarga yang mendampingi. Keluarganya mengatakan, mereka tinggal di Cilincing Barat, Jakarta Timur. Kami terkesima karena ada juga kuota Lampung dipakai oleh jemaah haji asal Jakarta.

Kami mendoakan agar penyelenggaraan ibadah haji tahun ini jauh lebih baik. Jemaah mabrur, semua bersyukur. Allahummaj'al hajjan mabruro. (ridwan)

Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved