Kolom Jurnalis

Indonesia Cuma Sukses Mendulang Emas!

WARTAWAN senior Harian Kompas Budiarto Shambazi optimis bahwa Indonesia bisa menjadi juara umum SEA Games 2011 yang digelar

Indonesia Cuma Sukses Mendulang Emas!
kompas.com
Pemain Indonesia, Titus Bonai berselebrasi usai membobol gawang Thailand
WARTAWAN senior Harian Kompas Budiarto Shambazi optimis bahwa Indonesia bisa menjadi juara umum Sea Games 2011 yang digelar di dua kota: Palembang dan Jakarta.

"Saya optimis kita bisa menjadi juara umum. Sekarang saja kita sudah meraih 40 mendali emas dari 120 mendali emas yang ditargetkan. Dan itu biasa kalau tuan rumah menjadi juara umum," kata Budiarto dalam perbincangan di tvone pagi tadi.

Dalam perbincangan yang menghadirkan  Tubagus Deddy Gumilar alias Miing 'Bagito', anggota DPR dari PDI-P, keduanya juga sempat menyinggung ketidaksiapan Indonesia menyelenggarakan pesta akbar yang diikuti seluruh negara-negara di Asia Tenggara itu. 

Malahan, kata Budiarto, penyelenggaraan  Sea Games kali ini adalah yang terburuk dalam sejarah.  Hal ini juga yang menjadi sorotan sejumlah media asing,  Bangkok Post misalnya, menulis, Sea Games resmi dibuka di tengah masalah korupsi yang mendera penyelenggara. Bangkok Post, surat kabar Thailand yang terbit berbahasa Inggris itu, juga menyinggung kasus korupsi wisma atlet yang diduga melibatkan Nazaruddin, mantan Bendara Umum Partai Demokrat, termasuk juga pelariannya ke Kolombia.

Selain itu, Bangkos Post juga menyoroti bagaimana panitia kesulitan menjual tiket acara olahraga. Padahal mereka sudah mengiklankan ke televisi, memasang papan reklame, dan lain-lain.

Tak lupa juga soal turunnya animo masyarakat untuk menonton pertandingan sepakbola. Padahal, sepakbola sebelumnya merupakan cabang olahraga yang bisa menarik jumlah penonton paling besar diibanding cabang-cabang olahraga lainnya.

Contohnya, saat Timnas Indonesia menjamu Timnas Kamboja dan Singapura, jumlah suporter yang hadir jauh  dari apa yang diharapkan. Tapi, jumlah suporter  membludak pada pertandingan Indonesia lawan Thailand. Pada pertandingan tersebut, Stadion Gelora Bung Karno dipadati sekitar 80.000 penonton.  Biasa saja, salah satu penyebab bertambahnya jumlah penonton karean pertandingan digelar  pada hari libur. 

Kembali kepada obrolan dengan Budiarto Shambazi dan Tubagus Deddy Gumilar alias Miing 'Bagito'. Dalam kesempatan  dialog tersebut, Miing juga menyatakan bahwa percuma saja jika Indonesia hanya sukses meraih juara umum Sea Games 2011. Tapi tidak sukses sebagai penyelenggara. Intinya, kata dia, kita mesti sukses kedua-duanya.

Saya sepakat apa yang dikatakan Miing. Karena itu,  perlu evaluasi secara menyeluruh kegiatan Sea Games 2011 ini. Sehingga ke depan,  saat kita menjadi tuan rumah lagi, maka bisa tampil lebih siap lagi. Siap segala-galanya. (*)

Penulis: taryono
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved