Soal 'Kumpul Kebo'

KUMPUL KEBO' yang dimaksud di sini bukanlah binatang kebo-kebo yang dikumpulkan di satu kandang atau lapangan

Soal 'Kumpul Kebo'
net
cincin pernikahan
'KUMPUL KEBO' yang dimaksud di sini bukanlah binatang kebo-kebo yang dikumpulkan  di satu kandang atau lapangan. Tapi, sepasang manusia berlainan jenis yang hidup bersama dan melakukan hubungan seksual tanpa menikah.

Fenomena 'kumpul kebo' sudah dianggap biasa, semisal di Inggris.  Sementara di Indonesia, 'kumpul kebo' sebagai sesuatu yang tabu. Bahkan Islam pun mengharamkannya.  

Hasil laporan riset Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) pada tahun 2010 menunjukkan bahwa satu dari enam warga Inggris hidup 'kumpul kebo' dengan pasangannya.

Pada awal tahun 1960-an, kurang dari satu dari 100 penduduk dewasa di Inggris dengan usia di bawah 50 diperkirakan menjalani kehidupan 'kumpul kebo' pada suatu waktu, jika dibandingkan pada tahun 2010 tercatat satu dari enam penduduk.

Adapun salah satu  penyebab kenapa lebih banyak pasangan tidak menikah dan lebih memilih hidup 'kumpul kebo' , yakni faktor kesejahteraan secara finansial.

Banyak pasangan yang merasa tidak mampu membiayai persyaratannya: memiliki rumah dan mobil sendiri. Dengan demikian, peningkatan angka pengangguran dan biaya hidup pada beberapa tahun terakhir di Inggris  menjadi salah satu penyebab menurunnya angka pernikahan.

Faktor ini juga yang menjadi penyebab  banyaknya  pasangan 'kumpul kebo' di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bayangkan saja, biaya nikah ada yang mencapai hampir Rp 300.000 per pasangan. Padahal biaya resmi nikah hanya Rp 60.000 per pasangan.

Alasan petugas KUA memasang tarif setinggi itu, karena lokasi atau tempat pernikahannya jauh dari pusat kota. Karena itu, biaya nikah disesuaikan dengan jauh tidaknya tempat nikah.

Negara barat tidak semua melegalkan 'kumpul kebo'. Lihat saja di Negara Bagian North Dakota, Amerika Serikat (AS). Di sana, pasangan 'kumpul kebo dikategorikan sebagai pelaku kriminal. Bahkan, mereka yang menjalaninya secara terbuka bisa didenda hingga USD 1.000 (sekitar Rp 9,1 juta) atau dipenjara 30 hari.

North Dakota adalah satu di antara tujuh negara bagian AS yang menjunjung tinggi moral masyarakat. Bersama Florida, Michigan, Mississippi, North Carolina, Virginia, dan West Virginia, negara tersebut menerapkan aturan yang sangat tegas untuk mencegah perilaku tidak baik dalam masyarakat. Di tujuh negara bagian tersebut, pasangan 'kompul kebo disejajarkan dengan penjahat seksual dan pemerkosa.

Di Indonesia, para artis yang 'kumpul kebo' sudah pasti dicekal oleh Majelis Ulama Indonesia (MU).  Jangankan 'kumpul kebo'. Artis yang berpenampilan seronok dan  erotis, macam Dewi Persik, Annisa Bahar, Inul Daratista, Julia Perez, Uut Permatasari, Trio Macan, Ira Swara, dan Nita Thalia, pun kena cekal MUI. Begitulah 'kumpul kebo'. (*)

Penulis: taryono
Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved