MotoGP

Marc Marquez Penguasa Sirkuit Jerez

Marc Marquez menutup 27 putaran GP Spanyol, Minggu (4/5/2014), dengan finis pertama.

Marc Marquez Penguasa Sirkuit Jerez
MOTOGP.COM
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, melintasi Sirkuit Americas di Austin, Texas pada sesi latihan bebas ketiga GP Americas, Sabtu (12/4/2014). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Marc Marquez menutup 27 putaran GP Spanyol, Minggu (4/5/2014), dengan finis pertama. Ini adalah gelar keempat pebalap Repsol Honda tersebut musim ini, dan yang pertama di Sirkuit Jerez sepanjang karier.

Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa melakukan start dengan kurang baik dari posisi dua dan tiga. Mereka sempat merosot beberapa posisi. Dari posisi start keempat, Valentino Rossi melesat cepat dan sempat memimpin pada putaran pertama.

Marquez melewati Rossi pada tikungan terakhir untuk mengambil alih pimpinan pada akhir putaran pertama. Rossi tertahan di posisi dua diikuti Lorenzo dan Pedrosa.

Pada putaran-putaran berikutnya, Marquez semakin jauh meninggalkan ketiga pesaingnya tersebut. Pada akhir putaran kelima, pebalap 21 tahun ini 1,4 detik lebih cepat dari Rossi.

Sementara itu, rider Ducati, Cal Crutchlow, yang membalap dengan tangan belum pulih sempurna pascacedera, tak bisa melanjutkan balapan karena masalah mesin.

Satu putaran berikutnya, Andrea Iannone yang mewakili Pramac Racing terjatuh. Namun, pebalap Italia ini masih bisa melanjutkan balapan.

Memasuki putaran ke-10, Marquez sudah unggul 2,9 detik dari rombongan kedua. Tiga putaran berikutnya dia memperlebar jarak hingga 3,6 detik. Lima lap selanjutnya, dia unggul 4,8 detik dari Rossi yang mulai meninggalkan Lorenzo dan Pedrosa

Tujuh putaran sebelum balapan berakhir, Pedrosa berhasil melewati Lorenzo untuk mendapatkan posisi tiga. Pedrosa meninggalkan Lorenzo dan kini mengejar Rossi untuk mewujudkan finis satu-dua berikutnya bagi Honda.

Pedrosa menghadirkan tekanan hingga putaran terakhir, tetapi Rossi berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir. Finis kedua ini menyamai prestasinya pada seri pembuka di Qatar, Maret lalu.

Di depan, Marquez tak terkejar dan akhirnya menutup balapan ke-100-nya dengan menjadi juara di Sirkuit Jerez untuk kali pertama. Marquez juga menyamai prestasi Mick Doohan pada 1992, yakni memenangi empat seri pembuka dalam satu musim.

Editor: soni
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved