Polisi Gandeng Pakar TI Ungkap Kasus Akun Palsu "Wartawati Penjaja Seks"

Kita belum bisa mengatakan pasti terungkap. Tapi kita akan upayakan karena kita akan menggandeng beberapa petunjuk yang disampaikan saksi ahli

Polisi Gandeng Pakar TI  Ungkap Kasus Akun Palsu
KOMPAS.COM
Ernawaty menunjukkan print out akun fb palsunya kepada wartawan di Salatiga 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, UNGARAN- Kepala Direktorat Reserse Kriminial Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djoko Purbohadijoyo mengaku tidak bisa menjamin bisa mengungkap pelaku pembuat akun palsu Ernawaty, jurnalis di Salatiga yang "dijual" sebagai penjaja seks di media sosial Facebook.

Djoko mengakui, kasus kejahatan kategori cyber crime yang masuk ke Polda Jateng saat ini mengalami lonjakan tinggi yang tidak hanya dialami oleh wartawan Ernawaty saja. Dalam mengungkap kasus seperti yang dialami Erna, polisi harus menggandeng sejumlah pakar teknologi informasi dari sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Semarang.

"Kita belum bisa mengatakan pasti terungkap. Tapi kita akan upayakan karena kita akan menggandeng beberapa petunjuk yang disampaikan saksi ahli," kata Djoko.

Pemalsuan akun Facebook dan menjual korbannya dalam komunitas yang tidak dikehendaki, kata Joko, merupakan kejahatan model baru yang memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi.

"Tentunya pelaku menyamarkan atau bersembunyi dibalik kecanggihan teknologi itu. Kita berupaya mengungkapnya berdasarkan alat bukti dan fakta. Kita duga siapa (pelakunya) tidak bisa. Justru kita menggunakan alat-alat yang bisa membawa petunjuk siapa pelaku di balik kejahatan ini," imbuhnya.

Editor: taryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved