MotoGP

Marquez Menutup MotoGP 2014 dengan Juarai GP Valencia

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menutup MotoGP 2014 dengan menjuarai GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia,

Marquez Menutup MotoGP 2014 dengan Juarai GP Valencia
ZIMBIO
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menutup MotoGP 2014 dengan menjuarai GP Valencia 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menutup MotoGP 2014 dengan menjuarai GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (9/11/2014). Marquez mencatat rekor baru sebagai pebalap pertama yang memenangi 13 seri dalam satu musim.

Andrea Iannone melakukan start dengan sempurna dari posisi kedua dan langsung memimpin balapan. Valentino Rossi mengikuti di posisi kedua, disusul Marquez.

Memasuki putaran kedua, bendera putih berkibar yang menandakan pebalap bisa berganti motor. Cuaca cerah sebelum balapan tiba-tiba berubah mendung dan hujan rintik turun. Namun, tidak ada pebalap yang berganti motor

Dua pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow membuat gebrakan dengan naik ke urutan kelima dan keenam, menggeser Jorge Lorenzo ke urutan ketujuh.

Cuaca kembali terang dan Lorenzo berhasil melewati duo Ducati utnuk mendapatkan tempat kelima.

Di depan, persaingan antara Iannone, Rossi, dan Marquez semakin ketat. Memasuki putaran ke-10, Marquez akhirnya berhasil melewati Rossi untuk mendapatkan tempat kedua.

Pada putaran ke-11, Marquez memastikan tempat pertama setelah melewati Iannone. Satu putaran berikutnya, Iannone digeser Rossi ke urutan ketiga. Tak berselang lama, Pedrosa juga melewati Iannone untuk mendapatkan tempat ketiga.

Lorenzo menyusul di urutan keempat setelah berhasil melewati Iannone pada lap ke-16. Satu putaran berikutnya, Iannone harus melambat karena masalah pada mesin, tetapi masih bisa melanjutkan balapan.

Hajan rintik kembali turun pada lap ke-18. Pada akhir lap ke-19, Lorenzo dan Iannone mask ke pit untuk berganti motor dengan ban basah. Keputusan ini jadi bencana bagi kedua pebalap karena cuaca kembali cerah.

Di depan, Marquez, Rossi, dan Pedrosa masih bertahan. Di belakang mereka, Dovizioso dan Crutchlow bersaing ketat untuk mendapatkan tempat keempat.

Setelah putaran ke-25, Lorenzo memutuskan kembali ke pit dan mengakhiri balapan.

Marquez tetap stabil di depan hingga balapan 30 putaran berakhir. Ini adalah kemenangan ke-13 Marquez, yang sudah memastikan gelar juara dunia musim ini pada GP Jepang, pertengahan Oktober lalu.

Valentino Rossi menyusul finis kedua sekaligus memastikan diri sebagai runner-up musim ini. Pedrosa melengkapi podium Valencia dengan finis ketiga.

Editor: taryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved