MotoGP

Marquez Pindah ke Andorra, Ini Alasannya

Well, saya sekarang 21 tahun dan saya selalu tinggal bersama orang tua, jadi seperti anak muda pada umumnya, saya memutuskan untuk memiliki rumah send

Marquez Pindah ke Andorra, Ini Alasannya
ist
Marc Marquez membalap di Sirkuit Indianapolis Motor Speedway. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BARCELONA- Juara Dunia MotoGP Marc Marquez akhirnya menjelaskan alasan keputusannya untuk pindah tempat tinggal dari Spanyol ke Andorra. Ketika kabar kepindahan ini muncul, Marquez sempat mendapat kritik dari beberapa pihak.

"Well, saya sekarang 21 tahun dan saya selalu tinggal bersama orang tua, jadi seperti anak muda pada umumnya, saya memutuskan untuk memiliki rumah sendiri," jelas Marquez pada konferensi pers jelang event Superprestigio DTX di Barcelona, Jumat (12/12/2014).

Selama ini, Marquez memang dikenal sebagai pebalap yang dekat dengan keluarga dan biasa berlatih bersama adiknya yang juga juara dunia Moto3, Alex. Dia selalu tinggal bersama keluarga di kota kelahirannya, Cervera.

"Saya memilih Andorra karena sering berada di sana. Saya akan kembali ke sana untuk berlatih fisik karena di sana tempatnya ideal. Untuk ke depannya, tak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Saya membayar pajak saya di Spanyol dan masih akan melakukannya tahun depan," lanjut Marquez.

Andorra merupakan tax haven, yaitu negara atau kawasan yang memberlakukan pajak rendah atau bahkan bebas pajak. Andorra yang berlokasi di antara Spanyol dan Perancis merupakan pilihan beberapa atlet papan atas untuk tinggal. Dua pebalap MotoGP, Aleix dan Pol Espargaro, sudah lebih dulu tinggal di Andorra.

"Banyak opini tentang keputusan ini dan setiap orang boleh punya pendapat sendiri-sendiri, tetapi beberapa kritik menurut saya terlalu keras. Sebagai atlet, kamu tidak pernah tahu berapa lama keriermu akan bertahan," ucap Marquez, sambil menangis.

"Ketika saya berusia 19 tahun, saya nyaris meninggalkan balap motor karena masalah pada penglihatan. Terima kasih kepada dokter yang membuat saya bisa kembali membalap."

"Dalam sepekan terakhir saya merasa tidak nyaman. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang sudah mendukung saya dan juga keluarga. Satu-satunya yang ingin saya lakukan adalah tetap menikmati hidup dan terus membalap," tutup Marquez.

Editor: taryono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved