Enjoy Lampung

Naik Kereta, Memandang Barisan Hutan Bandar Lampung-Palembang

Berpergian dari Bandar Lampung ke Palembang atau sebaliknya, salah satu sarana transportasi favorit.

Naik Kereta, Memandang Barisan Hutan Bandar Lampung-Palembang
Tribun Lampung/Heru
Kereta Api Limex Sriwijaya di stasiun Tanjungkarang 

Laporan Reporter Tribun Lampung Heru Prasetyo

TRRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bagi yang hendak berpergian dari Bandar Lampung ke Palembang atau sebaliknya, salah satu sarana transportasi favorit yang dapat anda gunakan adalah kereta api. Transportasi ini selain murah dikantong, akan membawa anda menyaksikan pemandangan luar biasa dari barisan hutan Sumatera di sepanjang jalur kereta api.

Jalur kereta api antara Bandar Lampung - Palembang merupakan bagian dari jaringan jalur kereta api di Sumatera Bagian Selatan yang dioperasikan oleh PT Kereta Api (Persero) Divre III Sumatera Selatan yang berkedudukan di Palembang. Jalur kereta api Bandar Lampung - Palembang dengan 40 stasiun di sepanjang 387,872 KM terbentang antara stasiun Tanjungkarang (+96) di Bandar Lampung sampai stasiun Kertapati (+2) di Palembang.

Bagi masyarakat Palembang, perjalanan anda ke Bandar Lampung bisa dimulai dari Stasiun Kertapati hingga singgah di stasiun terakhir yaitu Stasiun Tanjungkarang. Perjalanan dari Palembang ke Bandar Lampung atau sebaliknya bisa ditempuh selama 9-12 jam perjalanan. Bisa lebih mengingat jalur kereta barang di Sumatera cukup sibuk.

Ada dua perjalanan kereta yang bisa anda gunakan untuk menuju Palembang - Bandar Lampung dan sebaliknya yaitu kereta api Limex Sriwijaya dan Kereta Api Ekspress Surabaya. Selain kedua kereta tersebut, sebenernya ada satu lagi rangkaian kereta api yang melayani rute Tanjungkarang - Kertapati yaitu Kereta Api Fajar Utama kelas bisnis siang. Namun kereta tersebut sudah tidak dioperasikan lagi oleh PT Kereta Api.

Tribun Lampung/Heru - Stasiun kereta api Tanjungkarang

Lalu berapa kocek yang harus dibayar untuk mendapatkan tiket dua perjalanan kereta tersebut? Berdasarkan laman resmi Kereta Api Indonesia, Kereta Limex Sriwijaya memiliki dua harga tiket yang ditawarkan. Tiket pertama yang dapat anda bayarkan mulai dari Rp 125.000-Rp 150.000 untuk Tiket Bisnis dan Rp 160.000-Rp 190.000 untuk Tiket Eksekutif . Perjalanan kereta ini dari Bandar Lampung berangkat pukul 20.00 dari Stasiun Tanjungkarang dan tiba pukul 04.10 di Kertapati. Sedangkan dari Kertapati kereta akan berangkat pada pukul 21.00 dan tiba di Tanjungkarang pukul 06.00.

Sementara bagi anda yang memiliki kantong pas-pasan, anda bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan Kereta Api Ekspres Rajabasa. Tiket yang dibanderol amat murah yaitu Rp 35.000. Kereta akan berangkat dari Stasiun Tanjungkarang: pukul 08.30 dan tiba di Stasiun Kertapati pukul 17.07. Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Kertapati dijadwalkan pukul 08.30 dan tiba di Stasiun Tanjungkarang: pukul 17.58.

Bagi anda yang belum pernah dan memiliki keinginan bepergian menggunakan kereta api, siapkan kondisi tubuh sebaik-baiknya. Pastikan tubuh dalam kondisi prima. Sebab jika melihat jadwal perjalanan yang menghabiskan waktu 9-12 jam bakal molor karena padatnya lalu lintas kereta.

Seperti yang diungkapkan Apriliyani warga Way Halim Bandar Lampung yang kerap bepergian ke Palembang mnggunakan kereta api. "Pengalaman saya dengan kedua kereta penumpang itu, perjalanannya nyaris selalu tidak tepat jadwal. Contohnya saat menuju Palembang dengan KA Limex Sriwijaya menggunakan Kelas Eksekutif. Saat itu kereta baru masuk di Kertapati sekira pukul 08.00 dan yang paling parah adalah AC kereta mati. Niat mau naek kelas eksekutif biar nyaman gak taunya malah dapet 'oven berjalan," ujarnya berbagi cerita.

Halaman
123
Penulis: heru prasetyo
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved