Laporan Tribun dari Mekkah

ISPA, Penyakit yang Banyak Dikeluhkan Jamaah Haji Lampung

Per hari rata-rata 40-50 orang jamaah haji yang memeriksakan diri dari Kloter 8 JKG.

Laporan Reporter Tribun Lampung Ridwan Hardiansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MEKKAH - Mayoritas jamaah haji Lampung yang melaporkan sakit, terdeteksi mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ispa).

Ketua Kloter 11 JKG Wasril Purnawan mengatakan, setiap hari, selalu ada jamaah yang memeriksakan diri ke petugas Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

"Per hari, rata-rata 40-50 orang jamaah haji yang memeriksakan diri dari Kloter 8 JKG. Kalau di maktab kami, untuk mengantipasi jumlah TKHI kloter yang terbatas, 12 kloter di satu maktab kemudian membuat poliklinik satelit. Jadi, pelayanan kesehatan bisa 24 jam," jelas Wasril, Sabtu (19/9/2015).

Sementara, Petugas TKHI Kloter 25 JKG Yusuf Al Aziz menerangkan, ada sekitar 20-30 orang jamaah haji yang berobat ke TKHI kloter. Sejak tiba di Mekkah pada Senin (7/9), sebanyak 365 orang jamaah sudah memeriksakan diri ke TKHI kloter.

"Terdiri dari 170 orang laki-laki dan 195 orang perempuan," ungkap Yusuf.

Adapun, Yusuf menuturkan, penyakit yang paling banyak dikeluhkan adalah ispa. Hal serupa disampaikan Wasril.

"90 persen penyakit yang disampaikan jamaah adalah ispa," ucap Wasril.

Untuk menjaga kesehatan, Wasril mengatakan, jamaah selalu diimbau untuk beristirahat yang cukup. Apalagi, ibadah utama haji di Arafah, Musdalifah, dan Mina (Armina) segera berlangsung pada Rabu (23/9).

Penulis: Ridwan Hardiansyah
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved