Breaking News:

Memasak Makanan Sebaiknya Gunakan Susu Bubuk atau Kental Manis?

Menurut juru masak kenamaan, Chef Chandra Yudassa, susu kental manis cenderung lebih mudah dimanfaatkan sebagai komposisi hidangan.

net
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Menu yang diolah dengan susu sebagai salah satu bahan makanan mudah dikenali, bukan hanya dari rasa tapi juga dari tekstur makanan. Selain memberikan rasa yang gurih, menambahkan susu ke dalam campuran hidangan dapat memberikan tekstur yang kental, creamy, dengan aroma yang khas.

Ada beberapa jenis susu yang dapat digunakan sebagai komposisi hidangan, antara lain susu kental manis, susu cair, dan susu bubuk. Namun, tahukah Anda perbedaan teknik memasak dan hasil hidangan dari ketiga jenis susu tersebut? Apakah ada perbedaan yang signifikan?

Menurut juru masak kenamaan, Chef Chandra Yudassa, susu kental manis cenderung lebih mudah dimanfaatkan sebagai komposisi hidangan. Salah satu alasannya adalah lantaran teksturnya sudah cair, sehingga mudah untuk langsung dicampurkan ke dalam adonan atau ketika mengolah hidangan.

"Susu kental manis pada dasarnya sangat mudah diaplikasikan karena cair dan larut dengan komponen lainnya. Susu kental manis juga sangat stabil dan mudah digunakan. Selain itu, susu kental manis juga sangat konsisten dan awet, tidak mudah pecah," jelas Chef Chandra di sela-sela acara peluncuran kemasan baru susu Frisian Flag dan Frisian Flag Cafe di FX Lifestyle Xnter, Rabu (7/10/2015).

Sementara itu, Chef Chandra menjelaskan bahwa susu bubuk cenderung lebih sulit untuk diolah ketimbang susu kental baik. Alasannya, kalau Anda tidak cermat mengolah atau mencairkannya, tekstur susu bubuk dapat menggumpal dan membuat tekstur hidangan pun menjadi tidak sempurna. Selain itu, bila dicairkan, susu bubuk bila dicairkan akan menciptakan buih.

Kelebihan susu kental manis menurut Chef Chandra adalah dapat disesuaikan kebutuhannya, baik untuk menciptakan rasa manis atau hanya pelengkap komposisi. Bila Anda ingin menciptakan hidangan yang manis, maka Anda hanya perlu menambahkan susu kental manis tanpa perlu menambahkan banyak gula.

"Kalau mau dibuat campuran, misalnya untuk saus, bisa digunakan bersama dengan mayones. Akan tetapi, perlu diperhatikan perbandingannya. Saya ingatkan perbandingan antara mayones dan susu kental manisnya adalah 4 banding 1. Nanti bisa ditambahkan lagi lemon juice," terang Chef Chandra.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved