Enjoy Lampung

Mi Celor, Nikmat Mi Berbalut Kuah Santan Rasa Ebi Nan Gurih

Jalan-jalan ke Palembang dan menikmati makanan khas berupa pempek dengan segala variannya merupakan hal yang biasa.

Mi Celor, Nikmat Mi Berbalut Kuah Santan Rasa Ebi Nan Gurih

Laporan Reporter Tribun Lampung Heru Prasetyo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Jalan-jalan ke Palembang dan menikmati makanan khas berupa pempek dengan segala variannya merupakan hal yang biasa. Tapi siapa sangka kuliner Palembang tidak hanya terbatas akan itu.

Adalah mi celor yang sesekali patut anda coba sebagai varian kuliner. Meski kurang populer diantara kuliner lainnya, penganan ini tidak kalah nikmat, dan dijamin mampu menggoyang lidah.

Tapi buat anda yang di Bandar Lampung, tak perlu jauh ke Palembang untuk bisa mencicipi mi celor. Anda bisa menyambangi rumah makan Ayam Penyet Tiga Dara di kawasan Jalan ZA Pagar Alam.

Espansi mi celor ke Bandar Lampung rasanya cukup masuk akal. Sebab kuliner ini bukan hanya disukai orang Palembang yang tinggal di Palembang saja, tetapi juga orang Palembang di perantauan.

Banyak di antara mereka yang minta dibawakan mi celor jika ada sanak saudaranya yang kebetulan mudik. Bahkan ketika mereka sendiri mudik, kunjungan ke mie celor seolah menjadi kunjungan wajib.

Kembali ke hidangan mie celor Rumah Makan Tiga Dara, pramusaji rumah makan ini Ian mengatakan mie Celor adalah hidangan mie yang disajikan hangat dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi (udang kering).

Sebagai pelengkap ditambah taoge dan irisan telur rebus, serta ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng.

"Kenapa disebut dengan nama mie celor? Karena sebelum disajikan, mie dan taoge terlebih dahulu dicelor atau dicelup-celup alias diendam di air mendidih. Gitu ceritanya," ungkap Ian.

Halaman
12
Penulis: heru prasetyo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved