Cegah Bencana Asap Terulang, Jokowi Akan Terbitkan Perpres Lahan Gambut

"Nanti akan kita bicarakan institusi atau badan atau satuan tugas yang akan kita bentuk," kata Jokowi.

Cegah Bencana Asap Terulang, Jokowi Akan Terbitkan Perpres Lahan Gambut
Antara/Widodo S Jusuf
Lahan gambut 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar rapat kabinet terbatas, membahas masalah kebakaran hutan dan lahan gambut. Dalam waktu dekat, pemerintah memang akan mengubah sejumlah peraturan supaya bencana asap tidak terulang setiap tahun.

Dalam sambutannya, Jokowi bilang sejumlah aturan baik Undang-undang, Peraturan Pemerintah dan Peraturan Gubernur akan direvisi. Selain itu pemerintah juga akan membentuk badan yang bertugas memperbaiki dan mengelola lahan gambut.

Nah, terkait pembentukan badan itu akan dikeluarkan Peraturan Presiden (Perpres). "Nanti akan kita bicarakan institusi atau badan atau satuan tugas yang akan kita bentuk," kata Jokowi, Rabu (4/11) di Kantornya, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Penerbitan aturan dan pembentukan badan tersebut harus sudah siap sebelum musim kering tiba. Sementara untuk mencegah kebakaran hutan terus berlanjut.

Misalnya dengan membuat sekat atau blocking kanal untuk menjaga kadar air di lahan gambut. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengaku telah bertemu dengan sejumlah ahli gambut dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Para ahli itu bersedia membantu pemerintah dalam merancang tata kelola lahan gambut. Nah ratas kali ini untuk menindaklanjuti semua rencana-rencana tersebut.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved