Emoji "Menangis Bahagia" Jadi Kata Terpopuler 2015

Hal ini semakin menegaskan dominasi emoji dalam menunjang komunikasi sehari-hari.

Emoji
WSJ
Emoji lagi-lagi dinobatkan sebagai kata terpopuler 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Lagi-lagi, kata dikalahkan oleh emoji. Tahun 2014 lalu, predikat kata terpopuler diemban emoji "hati".

Kali ini, menurut Oxford Dictionaries, giliran emoji "menangis bahagia" yang kebagian gelar tersebut, sebagaimana dilaporkan WSJ dan dihimpun KompasTekno, Selasa (17/11/2015).

Hal ini semakin menegaskan dominasi emoji dalam menunjang komunikasi sehari-hari. Terutama dalam obrolan maya, lewat beragam aplikasi instant messaging.

"Kau bisa lihat bagaimana susunan alfabet berusaha tetap eksis, menyusul maraknya komunikasi yang menuntut visualisasi di abad 21 ini," kata Presiden Oxford Dictionaries Casper Grathwohl.

Fenomena ini tak mengejutkan, kata Grathwohl, mengingat emoji berperan lebih besar dalam mengakomodir ekspresi manusia lewat layar ponsel atau PC.

"Emoji lebih fleksibel, sederhana dan menarik secara visual. Maknanya juga lebih kaya dalam berkomunikasi," kata Grathwohl.

Diketahui, emoji merupakan ideogram alias gambar atau icon digital kecil yang dipakai sebagai bagian dari teks untuk mengungkapkan perasaan penulisnya. Sejak muncul di Jepang menjelang akhir abad ke-20, penggunaan emoji telah meluas ke seluruh dunia.

Tahun 2014 tercatat dalam sejarah sebagai tahun pertama di mana kata terpopuler diemban oleh sebuah emoji. Tahun ini hal tersebut terjadi lagi. Apakah tren ini akan terus berlanjut?

Editor: Andi Asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved