Breaking News:

Pringsewu Jadi Incaran Pengembangan Perumahan

Pringsewu kini menjadi sasaran pengembangan pemukiman. Itu terlihat dengan banyaknya lokasi lahan yang telah dimatangkan untuk lokasi pembangunan

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono | Editor: Ridwan Hardiansyah
www.shutterstock.com
Ilustrasi. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Robertus Didik Budiawan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Pringsewu kini menjadi sasaran pengembangan pemukiman. Itu terlihat dengan banyaknya lokasi lahan yang telah dimatangkan untuk lokasi pembangunan perumahan.

Hal tersebut diakui Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal (BPPTSP dan PM) Pringsewu Nazri.

Menurut Nazri, usaha pemukiman yang terlihat bermunculan, seperti di Griya Anugrah Pratama, yang memanfaatkan lahan dua pekon, yaitu Pekon Podosari dan Rejosari.

Tidak hanya itu, dia juga mencontohkan tempat lain, seperti usaha perumahan di Pekon Yogyakarta Selatan, Kecamatan Gadingrejo. Belum lagi, tambah dia, usaha perumahan yang kecil-kecilan dan tidak terdata.

Nazri menuturkan, menjamurnya usaha perumahan di Bumi Jejama Secancanan karena kebutuhan rumah semakin meningkat.

"Ditandai dengan banyaknya kos-kosan yang selalu penuh. Sehingga, orang berinisiatif untuk usaha perumahan," katanya.

Tidak hanya perumahan, usaha penjualan lahan secara kavling pun marak di wilayah Seribu Bambu itu. Menurut Nazri, Pringsewu menjadi daerah potensial untuk sasaran pemukiman lantaran fasilitas umumnya.

Hal itu karena tersedia sarana pelayanan publik yang lengkap, di antaranya tempat pelayanan kesehatan, termasuk ketersediaan dokter spesialis; pelayanan perbankan; pendidikkan dan hiburan; serta pelayanan jasa.

Selain itu, tambah Nazri, letaknya yang strategis berada di antara tiga kabupaten, yakni Tanggamus, Pesawaran, dan Lampung Tengah. Termasuk, jangkauan ke Bandar Lampung yang jadi ibu kota Provinsi Lampung, hanya satu jam.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved