Tak Bisa Hapus Metromini, Ahok Akan Ganti Semua Bus dengan Transjakarta

"Pokoknya hari ini saya sudah minta sama Dishubtrans, saya enggak mau lagi lihat angkutan di Jakarta yang jelek, tidak layak, tidak sesuai KIR,"

Tak Bisa Hapus Metromini, Ahok Akan Ganti Semua Bus dengan Transjakarta
KOMPAS.com/Fitri Prawitasari
Metromini melalui salah satu jalur di Terminal Manggarai yang sedang tahap uji coba, Rabu (5/3/2014) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui tak bisa menghapus PT Metromini. Sebab hal itu merupakan kewenangan Kementerian Hukum dan HAM.

"Kami tidak mungkin menghapus PT Metromini karena itu urusan Kemenkum-HAM," kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (17/12/2015).

Meski demikian, Basuki telah menginstruksikan Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta mengandangkan bus-bus metromini yang bobrok.

Basuki menegaskan tidak ingin ada nyawa melayang sia-sia akibat ulah metromini beserta sopir-sopirnya.

"Tugas kami sesuai dengan Undang-Undang kalau ada bus yang KIR nya aspal, KIR nya pinjam, sparepart atau buku KIR dipakai ramai-ramai, mobil enggak jelas, ya pasti dikandangin," kata Basuki.

Basuki menegaskan tidak mau lagi melihat kendaraan umum yang sudah tidak layak tetap beroperasi. Ke depannya, Basuki akan mengganti semua bus metromini dengan bus transjakarta.

"Pokoknya hari ini saya sudah minta sama Dishubtrans, saya enggak mau lagi lihat angkutan di Jakarta yang jelek, tidak layak, tidak sesuai KIR," kata Basuki.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved