Dokter Spesialis RSUD Pringsewu Mogok

Tak Ada Transparansi Jasa, Dokter Spesialis Dibayar Tanpa Bukti Pembayaran

Kondisi tersebut sudah berlangsung selama tiga bulan ini

Tak Ada Transparansi Jasa, Dokter Spesialis Dibayar Tanpa Bukti Pembayaran
Tribunlampung/Didik
dr Eko dan dr Ria saat memberi keterangan kepada Tribun Lampung, Senin (29/2) di Ruang Komite Medik RSUD Pringsewu. 

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan C

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Komite Medik RSUD Pringsewu dr Eko Purnanto Sp B menyatakan, sebenarnya memang ada persoalan di RSUD Pringsewu. Eko mengatakan, persoalan ini bagi dokter spesialis di rumah sakit pemerintah ini lebih krusial.

"Masalah keterbukaan atau transparansi jasa medis, oleh bagian keuangan terhadap kami," ujar Eko yang didampingi dr Lita Ria Astrianti Sp KK, Senin (29/2).

Sehingga, lanjut Eko, para dokter spesialis merasakan adanya sesuatu yang ditutup-tutupi. Eko menambahkan, kondisi tersebut sudah berlangsung selama tiga bulan ini. Menurutnya, selama itu mereka dibayar tanpa disertai dengan bukti pembayaran.

Sehingga para spesialis merasa tidak transparan karena tidak ada rincian. Eko menuturkan, para dokter spesialis sudah pernah menanyakannya ke bagian administrasi. Jawaban yang diperoleh dari bagian adminstrasi keuangan, susah dengan alasan aturan yang baru."Jadi yang kami rasakan tidak ada transparansi," tegasnya.

Lebih lanjut, dr Lita Ria Astrianti Sp KK mengatakan, bahwa di rumah sakit lain yang juga sama-sama melayani pasien dengan BPJS terdapat rincian perhitungan jumlah pasien yang dilayani, dan besar jasa yang dihasilkan dari pelayanan tersebut.

Akan tetapi di RSUD, Ria mengaku tidak memperoleh rincian tersebut. Ria pernah menanyakan ke pihak manajemen, tetapi alasan yang dia peroleh hanya karena kertas.

"Katanya kalau mau ngeprint terlalu banyak, saya sudah kasih obsi untuk dikirim ke e-mail. Tapi nggak juga dikirim," tandasnya.

Ditambahkan Eko, sepertinya ketidak transparansian ini tidak hanya dirasakan oleh dokter spesialis saja. Melainkan juga, dokter umum, perawan dan karyawan di RSUD Pringsewu.

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved