Sumber Agung Jadi Destinasi Wisata Kampung Durian di Lampung

Perkenalan awal sebagai langkah untuk menjadikan Sumber Agung sebagai destinasi wisata berbasis eco-tourism di Lampung.

Tribunlampung/Deta
Warga berebut mengambil durian yang disediakan dalam Festival Durian di Sumber Agung, Kemiling, Bandar Lampung, Kamis (3/3). 

BANDAR LAMPUNG, TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Warga Kelurahan Sumber Agung patut berbangga. Kelurahan yang terletak di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung tersebut hampir resmi menyandang status Kampung Durian.

Kegiatan pra-peluncuran Sumber Agung sebagai Kampung Durian digelar Kamis (3/3). Untuk memeriahkan kegiatan itu, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung sebagai pemilik hajat mengadakan acara Festival Durian.

Sekitar 1.700 buah durian disediakan untuk warga. Durian-durian itu disusun sedemikian rupa sehingga membentuk Menara Siger.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Sutono mengatakan, Festival Durian diadakan untuk memperkenalkan durian lokal. "Kami menyediakan sekitar 1.700 durian yang bisa dimakan secara gratis," kata Sutono.

Terkait penetapan Sumber Agung sebagai Kampung Durian, kata Sutono, saat ini tengah dalam proses persiapan. Pre-soft opening kali ini merupakan perkenalan awal sebagai langkah untuk menjadikan Sumber Agung sebagai destinasi wisata berbasis eco-tourism di Lampung.

Rencananya, kawasan seluas 250 hektare tersebut dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari outlet, tempat pembuatan pancake durian, kue durian, dan ornamen durian.

Sutono menjelaskan, Sumber Agung dipilih bukan tanpa alasan. Letaknya dinilai sangat strategis, yakni hanya berjarak 10 km dari Terminal Rajabasa. Selain itu, Sumber Agung juga memiliki lahan penangkaran rusa, taman kupu-kupu, dan tanaman agroforestri.

Adanya wacana menjadikan Sumber Agung sebagai destinasi wisata karena di sekitar tempat ini terdapat fasilitas penangkaran rusa dan penangkaran kupu-kupu. Bahkan, tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat objek wisata Air Terjun Lapis.

Namun, Sutono meminta wacana menjadikan Sumber Agung sebagai destinasi wisata mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Bandar Lampung. Sebab, lokasi wisata tersebut berada di wilayah Kota Tapis Berseri.

Menanggapinya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandar Lampung Yus Amri Agus menyatakan, pemkot siap mendukung destinasi wisata di Sumber Agung.

Menurut dia, ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkannya, yakni perbaikan infrastruktur, gencar melakukan promosi, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Untuk infrastruktur akan kami ajukan kepada pemerintah untuk dianggarkan," kata Yus Amri.

Dengan begitu, kata dia, perkembangan agrowisata akan semakin baik. "Kami siap melakukan promosi terkait agrowisata yang ada di sini dan juga didukung oleh infrastruktur yang baik," tambahnya.

Penulis: Dewi Anita
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved