Foto-foto Awan Berbentuk Tsunami di Lampung Timur dan Fenomena Pertumbuhan Awan Musim Penghujan

Pertumbuhan awan sangat variasi dan bermacam-macam.

Foto-foto Awan Berbentuk Tsunami di Lampung Timur dan Fenomena Pertumbuhan Awan Musim Penghujan
Facebook
Awan mirip ombak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Foto awan hitam berbentuk menyerupai gulungan ombak besar tsunami yang diduga terjadi di Lampung Timur membuat gegar jagad maya.

Beragam tanggapan netizen atas fenomena alam yang membentang di langit itu, mulai dari merasa ngeri, takjub, hingga bersyukur pada Tuhan dan kekuatan-Nya yang tak terhingga.

Lalu apa tanggapan BMKG atas kemunculan awan itu?

Kasi Informasi dan Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung Sugiono mengatakan, saat ini wilayah Lampung masih masuk musim penghujan. Sehingga, proses pertumbuhan awan sangat mudah dan intens.

"Ini karena daerah tersebut (tempat pertumbuhan awan) terdapat massa udara yang basah dan adanya konvergensi, juga ada peningkatan kondensi. Dan apabila ada proses downdraf maupun updraft, maka sirkulasi awan akan bergerak ke bawah dan ke atas," ujar Sugiono melalui aplikasi WhatsApp, Minggu (6/3/2016).

Meski tidak bisa membenarkan terjadinya pertumbuhan awan yang terjadi di atas langit Lampung Timur tersebut, namun Sugiono mengatakan, pertumbuhan awan sangat variasi dan bermacam-macam.

Sugiono menambahkan, setiap ada pertumbuhan awan menggumpal tebal dan berwarna hitam, hampir bisa dipastikan berbahaya bagi penerbangan.

"Karena di dalamnya (gumpalan awan tebal hitam) itu ada awan cumulusnimbusnya. Maka, bila ada awan menggumpal tebal dan hitam tersebut, pasti penerbang akan menghindarinya," ucap Sugiono.

Gambar-gambar yang disebarkan melalui media sosial Facebook dan diklaim terjadi di Lampung Timur membuat geger jagat maya.

Gambar awan hitam itu jadi perbincangan di media sosial karena bentuknya mirip ombak besar atau tsunami.

Halaman
12
Penulis: Noval Andriansyah
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved