Alokasi Pupuk Bersubsidi Tahun 2016 Meningkat

Tahun 2016, sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan diperkirakan akan meningkat.

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tahun 2016, sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan diperkirakan akan meningkat. Ini karena adanya upaya khusus (Upsus) dan kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian mendorong peningkatan produksi padi pada periode panen triwulan 1, meskipun terdapat potensi pergeseran musim panen sebagai dampak el-nino tahun 2015.

Selain itu, terdapat peningkatan alokasi pupuk bersubsidi pada tahun 2016 sehingga mendorong kinerja sektor pertanian. Lalu, sektor industri pengolahan di triwulan 1 2016 diperkirakan tumbuh melambat meskipun tidak signifikan. Pelemahan rupiah yang terjadi pada triwulan III 2015 memberikan dampak terhadap kenaikan biaya produksi dan pengurangan kapasitas produksi yang diperkirakan baru diimplementasikan pelaku usaha tahun 2016

"Kinerja sektor perdagangan besar, eceran, dan reparasi mobil dan sepeda motor pada triwulan 1 tahun 2016. Membaiknya perekonomian global meskipun masih terbatas, meredanya ketidakpastian global, meningkatnya volume perdagangan dunia serta masih tumbuhnya konsumsi rumah tangga diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja sektor perdagangan," ujarnya dalam Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Lampung Triwulan IV Tahun 2015 di KPBI Lampung, Kamis (17/3/2016)

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved