Flu Manusia Menular ke Hewan Peliharaan

Gangguan atau masalah yang dapat menyebabkan bersin bisa saja sangat beragam, udara yang kotor berdebu, terhirup bulu/alergen, infeksi bakteri, virus

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth Dokter Hewan. Saya sudah lebih dari seminggu terserang flu yang kadang disertai batuk. Dalam dua hari belakangan ini saya lihat anjing peliharaan saya beberapa kali bersin-bersin dan mendadak suaranya seperti habis. Apa flu manusia bisa menular ke hewan peliharaan? Terima kasih penjelasannya.

Pengirim: +6282375324xxx

Bersin Bisa Disebabkan Udara Kotor dan Berdebu

Kami terangkan bahwa bersin merupakan reflek tubuh (saluran pernafasan) atas adanya benda asing di dalam saluran pernafasan bagian depan, sebagai suatu upaya untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam saluran pernafasannya.

Gangguan atau masalah yang dapat menyebabkan bersin bisa saja sangat beragam, udara yang kotor berdebu, terhirup bulu/alergen, infeksi bakteri, virus ataupun jamur.

Keradangan pada pita suara dapat berdampak menurunya organ tersebut, sehingga suara anjing menjadi kecil atau seperti menghilang. Silakan periksakan anjing anda ke Dokter Hewan Praktik.

Dokter Hewan akan menegakkan diagnosa berdasarkan hasil pemeriksaan, jika diperlukan kadang harus didukung pemeriksaan laboratorium.

Terdapat beberapa penyakit infeksius pada saluran pernafasan yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi/vaksinasi, misalnya distemper, parainfluenza dan kennel cough. Sampai saat ini ketiga penyakit tersebut bukan merupakan penyakit yang menular dari manusia.

Konsultasikan dan lakukan program vaksinasi yang baik dan tera Lingkungan yang bersih dan sehat juga akan menekan terjadinya gangguan pernafasan pada anjing.

Drh.Sugeng Dwi Hastono
Amanah Veterinary Services

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved