Juara Lari Gawang Remaja Lahir dari Lapangan Tanah Bergelombang

Sore itu langit mendung ketika sekelompok orang tengah berlari-lari di tanah lapang Sukoharjo II, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu,

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Sore itu langit mendung ketika sekelompok orang tengah berlari-lari di tanah lapang Sukoharjo II, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Selasa (29/3) pukul 16.00 WIB. Lapangan Sepak Bola Pattimura yang memiliki kontur tanah tidak rata dan bergelombang ini ternyata merupakan tempat pelatihan sejumlah atlet atletik.

Ada tiga orang atlet PPLP (Pusat Pendidikkan dan Latihan Pelajar) yakni Wuri Andriyani (lempar lembing), Nabela Aryandika (Sapta Lomba) dan Sugiarti (lari gawang 400 meter). Ketiganya, telah mengharumkan nama Lampung dalam Kejurnas Remaja Junior di Jakarta 25 Maret 2016 kemarin.

Yakni Wuri dengan perolehan medali perak, Nabela dan Sugiarti dengan medali emas. Ketiganya diasuh oleh pelatih, Sarmiyati. Besama 15 anak lainnya, mereka berlatih rutin di lapangan yang jauh dari standar ideal bidang ke atlitan mereka.

Seperti Selasa sore kemarin, pelatihan yang dilakukan pun masih berjalan meski pelatih berhalangan hadir. Gadis remaja, dengan postur tubuh langsing dan tinggi terlihat sedang menggerak-gerakkan kakinya. Saat itu, dia berdiri di antara anak-anak yang usianya masih berada di bawahnya.

Sugiarti (16) tengah melakukan peregangan setelah melakukan latihan. Sugiarti yang dibesarkan dalam keluarga dan lingkungan pertanian ini mengawali prestasinya pada saat mengikuti lomba lari 5 KM di HUT Pringsewu.

Ketika itu, dia masih duduk di kelas kelas V SD, dan masih menginjak usia kurang lebih 12 tahun. Sugiarti yang mendapat juara dua dan langsung direkrut dan diajak berlatih rutin. Sugiarti mengaku, saat itu masih ikut-ikutan rekannya latihan.

Tapi seiring berjalannya waktu, Sugiarti mulain menyukai bidang olahraga tersebut. Sugiarti sempat diutus untuk maju berkompetisi di O2SN SD dan meraih juara. Keikutsertaan Sugiarti dalam lomba lari pun tidak berakhir sampai di O2SN.

Perempuan berpotongan rambut pendek ini dipercaya untuk bertanding lari gawang, pada PON 2014. Kepercayaan terhadap Sugiarti pun terpuaskan dengan medali yang diperoleh yakni emas.

Tidak sampai disitu, Sugiarti yang bercita-cita jadi anggota TNI AD ini juga menyabet Juara II lari gawang 400 meter di Porwil Bangka Belitung. Prestasinya kembali meningkat pada Kejurnas Remaja Junior 2016 kemarin. Sugiarti meraih rekor tercepat 65,25 detik lari gawang 400 meter.

Halaman
12
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved