Saudara Perdana Menteri Malaysia Mundur dari Bank Terkait Skandal Dana Politik

Najir Razak mengundurkan diri sementara dari jabatan sebagai pimpinan sebuah bank Malaysia setelah mengakui telah membagikan dana politik

BBC
Nazir Razak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Skandal keuangan yang terus berlanjut melibatkan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, semakin rumit dengan munculnya informasi baru tentang saudara laki-lakinya.

Najir Razak mengundurkan diri sementara dari jabatan sebagai pimpinan sebuah bank Malaysia setelah mengakui telah membagikan dana politik yang diberikan kepadanya oleh perdana menteri.

Nazir Razak mengatakan pada sebuah konferensi pers bahwa apa yang dilakukannya tidak melanggar hukum, tetapi dia menyesal telah memberikan US$7 juta kepada sekutu politik kakak laki-lakinya.

Dia mengatakan dirinya cuti dari CIMB Group Holdings Bhd untuk memastikan integritas penyelidikan independen terkait transfer dana ke rekening pribadinya.

Nazir terseret ke skandal ini setelah Wall Street Journal melaporkan bulan lalu bahwa dia menerima dana itu dari Perdana Menteri Najib Razak sebelum pemilihan umum 2013.

"Yang saya lakukan tidak melanggar hukum atau mempengaruhi posisi saya di CIMB, tetapi karena perhatian media, saya memahami hal ini membuat tidak nyaman para pemegang saham," katanya seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Transaksi ini melibatkan 1MDB yang berutang US$11 miliar dan sedang diselidiki beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Swiss dan Singapura.

Jaksa yang ditunjuk pemerintah tahun ini membersihkannya dari kejahatan atau korupsi dengan mengatakan dana itu adalah sumbangan politik keluarga kerajaan Arab Saudi. (BBC)

Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved