SMK Negeri 1 Kotabumi Akan Terima 400 Siswa Baru

"Dari jalur prestasi ada 185 yang sudah diterima di SMK N 1 Kotabumi, sisanya akan melalui jalur PPDB dan Biling,"

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kotabumi tahun ini akan menerima 400 siswa baru. Proses penerimaan berdasarkan hasil rakor antara dinas pendidikan dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) melalui 2 jalur pendaftaran.

Pertama Jalur prestasi dan jalur reguler yakni penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online dan bina lingkungan (Biling). "Dari jalur prestasi ada 185 yang sudah diterima di SMK N 1 Kotabumi, sisanya akan melalui jalur PPDB dan Biling," kata Kepala sekolah setempat, Zainal Abidin, Selasa (24/5).

185 orang yang sudah diterima melalui jalur prestasi, terangnya diterima berdasarkan hasil seleksi nilai rapor semester 1 sampai 5, di SMP calon siswa. "Seleksi sudah dilakukan pada 3 bulan yang lalu," ujarnya.

Jalur PPDB Online menurut rencana, 70 persen kuota berdasarkan ujian (reguler), 30 persen berdasarkan bina lingkungan dari 215 siswa yang akan diterima. Khsusus yang berdasar biling, ia menjelaskan beberapa kriteria yang harus dipenuhi calon siswa, yakni jarak tempat tinggal calon siswa dengan sekolah, prestasi non akademik, tingkat kemampuan orangtua. "Sedapat mungkin akan dilakukan survei, tetapi difokuskan data asli,

Dari 400 calon siswa yang mendaftar di SMK 1 Kotabumi, akan tersebar 7 kompetensi keahlian (7 jurusan), perbankan, perkantoran, penjualan (pemasaran), TKJ, Perbankan Syariah, Rencana Program Lunak‎, akuntansi.

Untuk jadwal penerimaan PPDB, dirinya mengatakan, berdasarkan rakor mulai pendaftaran akan dimulai pada bulan Juni mendatang. "Kalau rencana hasil rakor akan dimulai t‎anggal 20 - 24 Juni," ujarnya.

Untuk persyaratannya, calon siswa melengkapi persyaratan, antara lain menyiapkan Ijazah dan fotokopinya, untuk biling ditambah Kartu Keluarga (KK) serta surat keterangan kemampuan keluarga dari kelurahan. (ang)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved