Empat Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekuatan Otak

Udang adalah sumber yang paling baik untuk mendapatkan nutrisi yang disebut kolin.

Empat Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekuatan Otak
net
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Mengonsumsi makanan kaya antioksidan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak. Makanan ini dapat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga kinerjanya agar tetap optimal. Harapannya, dengan mengonsumsi makanan itu kita dapat lebih produktif, bahkan hidup lebih lama. Nah, ini dia makanan yang dapat meningkatkan kekuatan otak.

1. Udang

Udang adalah sumber yang paling baik untuk mendapatkan nutrisi yang disebut kolin. Kolin ini membangun neurotransmiter yang diperlukan untuk menjaga struktur dan fungsi semua sel otak.

Bila kita kekurangan senyawa ini akan mengakibatkan gangguan neurological dan penurunan fungsi otak. Sebenarnya udang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan otak saja. Ia juga dapat membantu untuk menurunkan risiko kanker payudara.

2. Kayu manis

Menambahkan kayu manis dalam menu diet harian baik manfaatnya bagi penderita alzheimer. Menurut Jurnal of Alzheimer’s Disease, roanthocyanidins dan cinnamaldehyde yang terkandung dalam kayu manis, dapat menghambat pembentukan penyakit alzheimer.

3. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu buah yang paling ampuh untuk menunda proses penuaan. Blueberry kaya antioksidan yang baik untuk tubuh dan otak. Hal ini dikarenakan oleh kekuatan anthocyanins yang membersihkan sel-sel tubuh kita dari radikal bebas.

Sebuah studi mengatakan, wanita yang mengonsumsi blueberry sebanyak satu porsi tiap minggunya, kekuatan otak dan mental menjadi lebih baik. Hal ini tentunya bila dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi buah tersebut. Selain itu, antioksidan dalam blueberry juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan bebas kerut.

4. Mentega almond

Almond dapat membantu otak untuk mencegah hilangnya ingatan akibat penuaan. Almond mengandung vitamin E (tiga kali lebih banyak daripada selai kacang), yang terbukti dapat menguragi risiko kerusakan kognitif.

Beberapa studi menunjukkan, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga dapat memperlambat penurunan kognisi yang disebabkan oleh alzheimer. Bagi kita yang ingin mengonsumsinya, bisa mencampurkan satu sendok mentega almod pada oatmeal di pagi hari.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved