Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP Diarak Kereta Kencana

Bak seorang raja tempo dulu, mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP diarak iringan kereta kencana menuju Hotel Sheraton Bandar Lampung

Laporan Reporter Tribun Lampung Ferika O Romanto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bak seorang raja tempo dulu, mantan Gubernur Lampung Sjachroedin ZP diarak iringan kereta kencana menuju Hotel Sheraton Bandar Lampung, Sabtu (4/6) sekira pukul 09.30 WIB pagi. Bersama dengan rombongannya, pria yang bergelar Suttan Mangkunegara ini disambut meriah puluhan tokoh adat yang tergabung dalam Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL).

Acara adat bubalos pantun (berbalas pantun), sudah pasti menjadi bagian dari prosesi acara. Di mana, perwakilan tokoh adat melantunkan pantun berbahasa Lampung yang intinya minta izin sebelumnya pada tuan rumah untuk mengikuti seluruh acara adat. Dengan membalas pantun yang disampaikan perwakilan rombongan tamu, tuan rumah mempersilahkan rombongan Sjachroedin untuk masuk.

Memakai pakaian kebesaran adat Lampung, Sjahroedin dan rombongon berjalan kaki menuju lokasi acara. Dengan diiringi payung adat tiga warna (putih, merah, dan emas), sesekali rombongan ini terhenti. Sebab selama perjalanan, rombongan ini dikawal para pendekar yang menunjukkan kepiawaiannya menggunakan senjata tajam, sejenis pisau dua, laduk, dan pencak silat tangan kosong.

Secara keseluruhan, inilah bagian dari rangkaian acara Bulangikhan yang diprakarasi Lampung Sai bekerjasama dengan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL), Forum Komunikasi Masyarakat Lampung (Fokmal), Badan Promosi Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Lampung, dan VW Club Lampung.(fer)

Penulis: Ferika Okwa Romanto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved