Waspada, Terserang Flu Saat Hamil Bisa Berdampak Buruk Pada Janin

Hal ini akan berdampak pada perkembangan otak yang tidak sebagaimana mestinya.

Waspada, Terserang Flu Saat Hamil Bisa Berdampak Buruk Pada Janin
the hawk
Ilustrasi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Mengalami flu kala hamil mungkin menjadi hal sepele apalagi flu tersebut masih tergolong ringan. Sakit kepala ringan hingga rasa sedikit lelah mungkin dianggap tidak memengaruhi kehamilan. Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahaya flu saat hamil. Penelitian ini mengungkapkan gejala flu mungkin berpengaruh pada janin.

Tim peneliti dari University of Southern Calfiornia membuat penelitian dengan percobaan terhadap tikus. Penelitian ini melihat cara-cara sistem kekebalan tubuh tikus hamil bereaksi terhadap infeksi virus seperti flu. Yang terjadi adalah triptofan yang naik. Triptofan merupakan asam amino yang mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Apa yang terjadi jika triptofan naik? Plasenta akan menghasilkan serotonin pada otak janin.

“Serotonin sangat penting untuk perkembangan otak janin dan mengatur cara kerja otak janin,” ujar Alexandre Bonnin, ahli yang memimpin penelitian ini. Menurutnya, tingkat serotonin yang tinggi membuat reseptor pada otak menjadi masalah. Hal ini akan berdampak pada perkembangan otak yang tidak sebagaimana mestinya. Reseptor tidak terbiasa dengan tingkat serotonin yang tinggi.

Penelitian ini sebenarnya menambahkan bagaimana serangan kekebalan tubuh ringan seperti flu dapat mengubah sistem saraf pusat. Beberapa penelitian sebelumnya telah menghubungkan infeksi ringan seperti flu selama kehamilan dengan autisme serta keterlambatan kognitif pada janin. Apakah itu berarti setiap Mama mengalami flu akan otomatis merusak sistem saraf? “Tidak semua kondisi infeksi virus dan peradangan merusak sistem saraf pusat janin,” ujar Bonnin.

Menurutnya lagi, ketika terjadi infeksi pada kehamilan risiko terjadinya aneka penyakit saraf hanya meningkat dan tidak secara otomatis langsung menderita penyakit saraf. Namun, Mama memang ada baiknya mengetahui bahaya flu saat hamil dengan cara mencegah terjadinya aneka infeksi virus saat hamil. Mengonsumsi makanan sehat dan beristirahat cukup akan membantu Mama yang sedang hamil terhindari dari infeksi ringan seperti flu.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved