Breaking News:

Ramadan 2016

Minum Madu Saat Sahur dan Berbuka, Ini 4 Manfaatnya

Madu adalah minuman alami yang selama ini dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan nutrisi yang kaya dalam madu.

Shutterstock
Madu bisa dicampur dengan bahan lainnya untuk membantu melembabkan kulit lebih maksimal 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Madu adalah minuman alami yang selama ini dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan nutrisi yang kaya dalam madu.

Selama puasa, madu bermanfaat sebagai sumber energi, vitamin, mineral, dan dapat menjaga daya tahan tubuh serta stamina. Adapun, manfaat lain yang dapat diperoleh jika mengonsumsi madu selama bulan puasa adalah seperti berikut:

1. Menjaga Ketersediaan Energi

Energi menjadi hal yang sangat dibutuhkan tubuh agar tidak lemas ketika berpuasa. Asupan energi itu dapat dipenuhi dengan mengonsumsi madu ketika sahur, yang dipercaya dapat memenuhi kebutuhan energi kita hingga waktu berbuka tiba.

Selain itu, madu juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Alhasil, kita akan terhindar dari masalah dehidrasi.

2. Mengendalikan Berat Badan

Kita dapat memanfaatkan madu yang dicairkan dengan air hangat, untuk membakar lemak yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan cara itu, lemak akan lebih mudah dibakar dan menjadi sebuah energi, yang dibutuhkan tubuh selagi menjalankan ibadah puasa.

3. Menyeimbangkan Jalannya Metabolisme

Metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar dan baik, jika kita mengonsumsi madu dengan dicampurkan air. Karena itu, cobalah minum madu yang dicairkan dengan air hangat ketika sahur.

Hal itu dapat memudahkan tubuh kita mencerna nutrisi, yang terkandung dalam makanan yang kita makan ketika sahur dan berbuka.

4. Mengatasi Sembelit

Pergerakan usus dapat menjadi lebih baik jika mengonsumsi madu. Jika pergerakan usus halus hingga ke usus besar berlangsung dengan baik, maka masalah sembelit pun dipastikan tidak akan terjadi.

Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved