Ramadan 2016

Ini Dampak Buruk Minum Teh dan Kopi Saat Puasa

Saya mau tanya, apa dampak buruk minum kopi dan teh di bulan puasa dan bagaimana mengatasinya?

Ini Dampak Buruk Minum Teh dan Kopi Saat Puasa
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi teh susu. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth Dokter Kesehatan. Saya mau tanya, apa dampak buruk minum kopi dan teh di bulan puasa dan bagaimana mengatasinya?

Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285279584xxx

Bisa Sebabkan Pusing dan Lemas

Bagi penggemar kopi dan teh, tentu akan menjadi hal yang berbeda saat tidak mengonsumsinya. Apalagi jika memiliki kebiasaan bekerja sambil minum kopi, baik pagi, siang, ataupun malam.

Kopi sudah menjadi semacam penyemangat saat bekerja. Bukan hanya kadar kafeinnya, tetapi aroma kopi yang diseduh, adakalanya sudah mampu memberikan efek relaksasi maupun efek penyemangat.

Sayangnya, pada saat puasa, kopi atau teh disarankan untuk dihindari. Pasalnya, tingginya kadar kafein mampu meningkatkan produksi air seni atau urine.

Sehingga, Anda bisa lebih sering buang air kecil dan kehilangan cairan tubuh. Kopi dan teh juga mengandung kafein yang menyebabkan rangsangan pada otak, pernapasan, pembuluh darah, dan jantung.

Kandungan asam pada kopi pun bisa menyebabkan peningkatan produksi pada empedu dalam tubuh. Begitu mengonsumsi kopi, maka kantong empedu tersebut melepaskan gas dalam usus. Akibatnya, perut Anda sering terasa mulas.

Kebanyakan minum kopi atau teh juga akan menyebabkan kecanduan. Sehingga bila tidak minum kopi sehari saja, kepala menjadi pusing, dan tubuh menjadi lemas tidak bergairah.

Jika memang sudah terbiasa dan tidak berpengaruh, mungkin kebiasaan itu tetap bisa dilakukan. Atau solusi lain, saat mengonsumsi kopi, bisa dicampur dengan susu. Namun sebaiknya, hal itu dilakukan, misalnya, setelah berbuka, di mana perut tidak dalam kondisi kosong, bukan pada saat sahur.

Selain itu, setelah berbuka, Anda masih ada kesempatan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih. Sementara saat sahur, Anda berisiko kehilangan banyak cairan, padahal banyak aktivitas yang harus dilakukan.

Endang Budiati
Dokter Swasta Bandar Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved