Ramadan 2016

Inilah Delapan Makanan Khas Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Bongko Kopyor berasal dari Gresik, berisi nangka, pisang, sagu mutiara, kelapa kopyor, dan roti tawar.

Inilah Delapan Makanan Khas Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia
KOMPAS/AYU SULISTYOWATI
Sate susu 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Setelah satu hari penuh Anda menahan lapar dan haus saat berpuasa Ramadan, pasti akan menyiapkan hidangan yang spesial. Beberapa makanan khas Lebaran, bahkan bisa dibilang hanya ada saat Ramadan berikut ini, bisa jadi inspirasi Anda menyajikan menu berbuka puasa.

1. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor berasal dari Gresik, berisi nangka, pisang, sagu mutiara, kelapa kopyor, dan roti tawar. Saat penyajian, bahan-bahan tersebut disiram dengan santan dan gula, serta disajikan menggunakan daun pisang.

2. Gulai Siput

Sudahkah Anda mencoba Gulai Siput? Gulai berbahan utama siput sawah ini adalah menu berbuka khas Tanjung Pinang, Riau, lho. Selain siput, gulai ini juga berisi daun pakis, pucuk daun ubi, daun keladi, dan terong.

3. Ketan Bintul

Menu asal Serang ini berisi nasi ketan yang dihaluskan dan disajikan dengan taburan serundeng. Ketan Bintul juga sering disajikan dengan potongan daging berkuah gulai.

4. Mie Glosor

Mie dibuat dari adonan tepung sagu dan kunyit, sekilas terlihat mirip dengan mie kuning ini berasal dari Bogor. Namun, tekstur mie ini lebih kenyal dari mie kuning. Mie disajikan dengan tambahan sambal kacang, gorengan, dan kerupuk.

5. Pakat

Halaman
12
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tabloid Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved